Bagaimana Mencegah Penyebaran Virus Ransomware Wannacry V2?

Beberapa jam terakhir sampai sekarang ane nulis ini, banyak yang menulis di wall sosial media tentang virus yang cukup membuat kehebohan yakni ransomware wannacry. Bahkan kominfo sampai membuat anjuran untuk tidak langsung mengkoneksikan perangkat berbasis windows ke internet pada hari Senin 15 Mei 2017 yang bisa dibaca pada link berikut https://www.kominfo.go.id/content/detail/9636/siaran-pers-no-55hmkominfo052017-tentang-himbauan-agar-segera-melakukan-tindakan-pencegahan-terhadap-ancaman-malware-khususnya-ransomware-jenis-wannacry/0/siaran_pers.

Kominfo Mengatasi Ransomware

Bagi yang masih bingung apa itu ransomware, ane dulu udah pernah bahas di artikel tahun lalu di Virus Ransomware : Mimpu Buruk Pengguna Windows. Disitu sudah dibahas terkait bagaimana ransomware bekerja, menyebar dan solusi yang mungkin dilakukan jika terkena virus ransomware. Namun, virus wannacry ini sedikit berbeda penyebarannya. Virus ini menyebar melalui jaringan internet yang bisa melalui attachment atau berbentuk program yang berisi virus secara langsung dan bisa menginfeksi seluruh pengguna dalam satu jaringan lokal yang sama.

Meskipun virus ini tergolong sangat berbahaya, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan dikutip dari panduan Kominfo :
1. Cabut/disable kabel jaringan dan matikan wifi pada perangkat PC/laptop.

2. Nyalakan perangkat PC/laptop dan lakukan *backup data* ke flashdisk / hardisk external atau pindahkan data ke perangkat non-windows (contoh: linux, android, apple ios, macOSX) dan pastikan backup data tersebut berhasil.

3. Blokir port 139 dan 445, silahkan googling “Bagaiman cara blokir port dengan windows firewall”.

4. Nyalakan seluruh proteksi antivirus, silahkan download salah satu antivirus gratis atau berbayar terpercaya seperti Avast, AVG, Kaspersky dll.

5. Jangan membuka attachment file apapun kalau tidak jelas isi maupun formatnya.

6. Disable fungsi MACROS pada program Microsoft Office.
Untuk Microsoft Excel 2007 -> Klik Microsoft Office Button di samping kiri atas -> Excel Options -> Pilih Trust Center -> Klik Trust Center Setting -> Pilih Macro Setting -> Klik “Disable All Macros Without Notification”
Untuk Microsoft Excel 2010 – 2013 -> Klik File -> Options -> Pilih Trust Center -> Klik Trust Center Setting -> Pilih Macro Setting -> Klik “Disable All Macros Without Notification”

7. Download patch MS17-10 sistem operasi windows terbaru pada https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx.

8.. Non-aktifkan fungsi SMB dengan cara tekan Tombol Windows + R, ketikkan optionalfeatures kemudian tekan enter dan hapus centang pada seluruh fungsi SMB dan simpan

Nah berikut tadi adalah bagaimana mencegah penyebaran virus ransomware wannacry. Seperti yang kita ketahui pada artikel ane sebelumnya (yang diatas), ransomware memiliki perilaku yakni mengunci file dengan menggunakan enkripsi dan meskipun diinstall ulang, file tersebut tidak dapat kembali seperti semula. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *