Guiding Others with Our Review, Gravity Inside New Technology #BeTheGravity

Introduction

Menjadi mahasiswa IT, pandangan orang lain terhadap saya menjadi sangat berbeda. Seringkali saya dianggap sebagai “gudang”-nya informasi yang berkaitan dengan teknologi. Mulai dari penggunaan suatu aplikasi, instalasi bahkan harga dan rekomendasi produk IT. Seiring jalannya waktu, saya pun mulai berpikir bagaimana turut berkontribusi aktif kepada masyarakat dengan sedikit kelebihan yang saya miliki.

Salah satu cara yang terpikirkan adalah dengan menjadi reviewer produk teknologi, dimana review tersebut dapat menjadi acuan masyarakat untuk membeli suatu produk. Review tersebut tentunya dapat memberikan detail spesifikasi, bagaimana performa sehari-hari dan performa untuk kebutuhan khusus dengan harga yang sesuai kantong pembaca.

History

Saya baru memulai review produk teknologi baik software, hardware maupun gadget pada bulan Agustus tahun lalu (2016). Hal tersebut baru terealisasikan setelah kurang lebih dua tahunan mengendap di otak karena saya belum memiliki ilmu yang cukup dan partner yang bersedia membantu melakukan review produk. Tentunya untuk bekerja seorang diri tidaklah mudah disamping aktivitas harian yang harus saya kerjakan.

Sixalsphere

Setelah kurang lebih satu semester mengenal pemrograman, alur kerja website dan search engine optimization (seo), saya mencoba untuk berkolaborasi dengan salah satu teman saya yang berdedikasi dan dengan visi yang sama untuk mendirikan website review dan tutorial ini. Dengan modal seadanya, yakni semua gadget milik kami dan kenalan kami gunakan untuk melakukan review produk. Bahkan harga sewa server/hosting yang kami gunakan adalah yang paling murah tepatnya tidak sampai 10 ribu per bulan.

Sixalsphere Statistik

Berbekal niat yang kuat, saat ini kami sampai di titik dimana pengunjung review yang membaca artikel kami berkisar antara 2 ribuan per hari, bahkan terkadang ketika review yang kami buat berupa produk yang benar-benar fresh di pasaran pengunjung kami mencapai lebih dari 10.000 pengunjung dalam satu hari. Dan kebanyakan artikel yang kami tulis masuk kedalam page pertama di google search untuk kata kunci yang kami bidik. Mungkin itu biasa saja untuk website yang memiliki banyak pegawai dan profit oriented. Tetapi kami berdua membuat website review ini dengan tujuan agar dibaca oleh masyarakat, dan masyarakat mendapatkan produk yang cocok sesuai kebutuhannya.

Namun, semua hal kadang tak berjalan sesuai rencana. Kami terkadang juga mendapat beberapa masalah saat masih tahap pengembangan website. Kami beberapa kali diserang oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab yang ingin melakukan peretasan terhadap situs ini. Saya pun melakukan riset untuk meningkatkan keamanan website, sampai pada akhirnya si peretas sudah tidak mengejar website kami lagi. Oleh karena itu, kami juga membutuhkan biaya operasional yang mendukung kelangsungan hidupnya untuk mengatasi masalah-masalah diatas dan biaya sewa tahunan. Sehingga kami memasang iklan dan menerima paid review dari vendor gadget.

Composing our Review

Menulis sebuah review tidaklah semudah menulis artikel opini biasa. Oleh karena itu, kami harus benar-benar melakukan riset terhadap detail produk secara mendalam. Melakukan uji coba terhadap semua kondisi dan dokumentasi pada setiap aktivitas yang kami lakukan. Kemudian menarik kesimpulan dan saran untuk pembaca terkait kecocokan produk sesuai dengan kebutuhan.

Sixalsphere

Disamping aktivitas harian kami sebagai mahasiswa yang cukup sibuk, kami melakukan riset detail produk pada saat waktu luang baik didalam maupun diluar rumah. Membaca spesifikasi produk, kendala yang seringkali ditemui dan komentar netizen yang nantinya juga kami pertimbangkan sebagai penilaian aspek tertentu pada suatu produk. Dalam menjalankan riset, kami harusnya ditemani sebuah ponsel pintar yang mampu memenuhi kebutuhan untuk browsing dengan kecepatan internet yang memadai, membaca dengan layar yang cukup lebar namun tetap ringkas untuk dibawa keluar rumah, kecepatan multitasking untuk membuka beberapa tab browser sekaligus dan yang paling vital adalah daya tahan baterai yang mampu bertahan seharian menemani aktivitas tersebut.

Selain itu, saat melakukan review kami juga harus melakukan dokumentasi berupa gambar atau video. Dimana gambar tersebut haruslah memiliki detail yang baik dan hasil akhir yang mampu memukau para pembaca dengan tujuan agar mereka lebih mengetahui bentuk fisik sebuah produk se nyata mungkin hanya melalui foto dan video. Hal tersebut tentunya harus diimbangi dengan kapasitas penyimpanan multimedia yang mumpuni.

Kebutuhan tersebut tampaknya telah terpecahkan dengan adanya produk terbaru dari LUNA Indonesia yakni sebuah ponsel pintar dengan spesifikasi yang sangat dahsyat. Berbekal prosessor kelas high end dari Qualcomm Snapdragon 801 dan dipadukan dengan RAM sebesar 3 GB yang bakal menjamin kenyamanan dalam melakukan multitasking seperti membuka banyak tab browser disaat yang bersamaan. Smartphone tersebut memiliki layar berukuran 5.5 inch beresolusi Full HD yang menurut kami ukuran tersebut sangatlah nyaman untuk membaca saat diluar rumah. Dengan ukurannya yang tergolong besar untuk kenyamanan mata namun tetap terasa compact saat dibawa. Selain itu membaca diluar rumah akan semakin terasa pede karena desain smartphone Luna sangatlah stylish.

Untuk kekuatan kamera, smartphone Luna memiliki resolusi sebesar 13 Megapixel sebagai kamera utama dan 8 Megapixel sebagai kamera depan. Kamera tersebut kualitasnya tidak perlu diragukan lagi, kualitas gambar akhir yang dihasilkan setara dengan kamera dari iPhone 6 yang dibandrol dengan harga jauh diatasnya. Selain itu, smartphone luna diperkuat dengan memory internal 64 GB yang sangat cocok digunakan untuk menyimpan hasil jepretan kamera dan video dalam jumlah besar. Dalam masalah baterai, smartphone Luna diklaim mampu bertahan sampai 500 jam untuk standby, 7 jam memutar video dan 11 jam memutar musik yang mana menurut kami baterai tersebut sangatlah kuat dan mampu bertahan menemani aktivitas seharian penuh tanpa bingung mencari colokan untuk charging. Seluruh fitur tersebut bersinergi dengan kami sebagai reviewer produk IT dan mampu menjawab semua kebutuhan yang telah kami kemukakan diatas.

Conclusion

Sebagai seorang reviewer produk, kami berupaya memberikan masukan untuk pembaca seakurat mungkin. Hal tersebut tentunya dapat diraih dengan memaksimalkan poin-poin kegiatan yang sudah saya utarakan diatas. Semoga review yang kami buat menjadi manfaat untuk memajukan pengetahuan teknologi masyarakat Indonesia. Jika ada masukan untuk koreksi kami kedepannya, silahkan cantumkan pada kolom komentar dibawah. #SalamTeknologi

12 Responses to Guiding Others with Our Review, Gravity Inside New Technology #BeTheGravity

  1. ilmu says:

    Mantap, Terus berkarya gan !

  2. Ian says:

    Sekedar masukan, postingan review tambahkan tabel spesifikasi. Biar lebih mudah bacanya.

    • Rizki says:

      Baik gan, saya tampung masukannya 😀 Nanti saya buat plugin khusus buat tabel spesifikasi dalam postingan review…

  3. Kurniawan says:

    mantap gan

  4. Santiago Muslera says:

    chat visitor dg admin dibuka dong min

    • Rizki says:

      kebanyakan konsultasi lewat message facebook yang ane cantumin di halaman contact us gan, soalnya ane sendiri gak tiap hari sempet buka web. pasti ane bales kok lewat facebook 😀

  5. Kholidin says:

    Berarti, sebelum melakukan review, agan ini sudah pernah menggunakan barang yg akan direview?
    #salamkenal

    • Rizki says:

      bener banget gan, kami pake beberapa hari dahulu sebelum ngreview buat dapetin penilaian yang bener-bener objektif.
      thanks udah mampir 😀

  6. April Tupai says:

    keren ya hape luna, mampir juga dong kak ke blog saya, ikutan juga nih #BeTheGravity

  7. Tito says:

    Akhir-akhir ini kok jarang update ya gan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *