Memilih Spesifikasi Laptop Sesuai Kebutuhan

Perkembangan dunia teknologi semakin mengharuskan kita untuk bekerja menggunakan perangkat digital yang dapat menambah produktivitas pekerjaan. Tentunya tak hanya komputer, laptop pun seakan menjadi kebutuhan primer bagi sebagian orang yang memiliki mobilitas tinggi.

Oleh karena itu, para brand produsen laptop & berlomba-lomba untuk mengeluarkan laptop/notebook terbarunya dengan berbagai spesifikasi, tipe dan seri tertentu. Satu brand saja bisa mengeluarkan setidaknya 20 seri dan tipe laptop dalam tiap kuartal tahun. Sebagai seorang konsumen, tentunya terkadang kita bingung dalam memilih laptop tipe dan seri apa yang cocok untuk kebutuhan kerja.

Disini saya akan mengelompokkan menjadi beberapa kelas laptop berdasarkan tujuan penggunaan yang cocok dengan performa laptop tersebut.

A.Entry Level Laptop

Penggunaan : Menjalankan beberapa aplikasi pengolah data ( word, excel, power point, software kantor, POS dll) secara bersamaan (multitasking).

Subjek : Pelajar, Mahasiswa, Karyawan

lenovo ideapad 110 sixalsphere

Biasanya dijual dengan harga sekitar kurang dari 4 juta rupiah. RAM yang dipakai berkisar antara 2GB – 4GB, saya sangat merekomendasikan untuk mencari laptop yang sudah memiliki RAM 4GB, karena kebutuhan aplikasi saat ini sangat memakan memory yang besar.

Untuk prosessor, sangat saya rekomendasikan untuk memilih intel celeron/pentium yang quad core atau amd A8 ke atas, karena prosessor dual core celeron atau amd E series dualcore untuk notebook sangat tidak nyaman digunakan untuk melakukan multitasking.

B. Low Tier Laptop

Penggunaan : Menjalankan aplikasi pengolah data tanpa beban, menjalankan aplikasi pengolah gambar/desain, memainkan game standar / game berat dengan settingan low.

Subjek : Mahasiswa, Karyawan, Umum

hp an

Untuk laptop seri ini, biasanya dipatok produsen sekitar 4-6 juta rupiah, biasanya menggunakan prosessor Intel Core i3/Intel Core i5 atau AMD A8, A10, AMD A12, AMD FX series. Yang menjadi penentu disini adalah VGA yang digunakan, biasanya laptop dengan prosessor yang cukup bagus disini semisal core i5 atau amd fx akan dipadukan dengan VGA yang lebih rendah untuk meminimalisir budget. Begitu juga sebaliknya, laptop dengan prosessor yang standar misal core i3 atau amd a8 akan dipadukan dengan VGA yang lebih baik.

Sebaiknya kita mencocokkan kebutuhan penggunaan laptop karena disini kita harus memilih mana yang menjadi kebutuhan utama, apakah itu prosessor atau vga? . Untuk penggunaan kantor dan desain grafis ringan, saya sarankan untuk mengambil laptop dengan prosessor yang lebih bagus dengan mengorbankan VGA. Sebaliknya, jika anda ingin bermain game yang lumayan berat, anda dapat memilih prosessor dibawahnya dengan VGA yang lebih baik.

C. Mid Tier Laptop

Penggunaan : Menjalankan aplikasi berat ( game, desain, programming )

Subjek : Mahasiswa, Karyawan, Desainer, Umum

acer e5 475 g

Berkisar antara 7 – 11 jutaan, disini kita ditawarkan untuk memilih prosessor dan vga dengan performa yang maksimal. Biasanya laptop ditingkat ini sudah sangat mencukupi untuk melakukan semua aktivitas kerja. Anda hanya perlu memilih laptop yang paling cocok sesuai harga, spesifikasi dan built quality yang ditawarkan.

D. High Tier Laptop

– Gaming Notebook

Penggunaan : Menjalankan game berat dan rendering

Subjek : Umum

sixalspheremsig62

Laptop gaming tentunya tak asing lagi di telinga kita, biasanya laptop ini memiliki bentuk fisik yang lebih keren dibanding laptop biasa. Dibandrol diharga 10 juta keatas (100 jutaan juga ada). Laptop ini menawarkan performa yang besar namun tetap mengutamakan mobilitas.

Cirinya prosessor biasanya menggunakan Intel Seri HQ dimana prosessor tersebut lumayan menguras daya, namun performa yang dihasilkan sangat besar dan perbedaanya dengan seri laptop biasa cukup jauh. VGA yang dibawa juga seri gaming semisal Geforce GTX.

Keutamaan dari laptop gaming adalah performa yang ekstra, mobilitas dan sistem pendinginan yang optimal. Sistem pendinginan laptop gaming dirancang berbeda dari laptop biasa. Jika anda biasanya menggunakan laptop biasa untuk bermain game berat, maka laptop anda akan memanas dan cepat aus. Berbeda dengan laptop gaming yang memiliki suhu stabil meskipun digunakan untuk memainkan game berat berjam-jam.

– Premium Bussiness Notebook

Penggunaan : Aplikasi office dengan mobilitas tinggi

Subjek : Karyawan

Anda pernah melihat laptop dengan spesifikasi biasa dengan harga tinggi tapi di brosur ditulis Premium / Bussiness ? . Jangan salah, laptop tersebut memang dipasarkan untuk para enterprise yang mengutamakan kestabilan, mobilitas dan realibilitas data.

Beberapa ciri laptop premium bussiness :

1.Desain tipis, ringan dan kokoh
2.Menggunakan SSD sebagai pengganti HDD
3.Memiliki memory berkisar antara 4 – 16 GB
4.Layar Full HD
5.Biasanya VGA dan Prosessor menggunakan seri hemat daya meskipun dengan harga tertinggi.
6.Daya tahan baterai mencapai lebih dari 9 jam
7.Terkadang memiliki fitur tambahan seperti backlight keyboard, fingerprint scanner, layar touchscren, layar portable(bisa dilepas), engsel fleksibel (bisa diputar 360 derajat) atau webcam dengan resolusi tinggi.
8.Desain unibody

Beberapa contoh dari premium bussiness notebook adalah acer swift series, asus zenbook series, dell xps series, lenovo thinkpad series dan macbook tentunya.

Begitulah kira-kira pembagian laptop sesuai spesifikasi dan penggunaannya. Mungkin nanti saya akan menjabarkan bagaimana memilih prosessor dan vga laptop secara akurat sesuai dengan serinya. Untuk beberapa laptop yang rekomendasikan di harga tertentu silahkan cek di Rekomendasi Laptop Januari – Februari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *