Mengatasi Redmi 5A Bootloop Hardbrick

Redmi 5A

Smarphone Xiaomi Redmi menjadi salah satu merk yang dipercaya banyak masyarakat sekalipun baru saja keluar. Baru – baru ini Xiaomi mengeluarkan tipe ‘Xiaomi Redmi 5A’, namun antusias masyarakat juga sudah mulai banyak. Bukan hanya itu saja tetapi tutorial unbrick dengan test point pada Xiaomi Redmi 5A juga sudah ada. Mungkin beberapa dari anda belum pernah mendengar tentang test point, hal tersebut merupakan metode yang digunakan oleh smartphone Xiaomi untuk menyalakan smartphone Xiaomi yang mati total.  Metode ini dipilih karena biasanya sudah tidak ada cara lagi untuk membantu mengembalikannya ke kondisi normal.

Mungkin ada beberapa cara yang digunakan terlebih dahulu, namun jika memang masih gagal biasanya akan menggunakan cara test point, bahkan seperti flashing ulang, kemudian root, bahkan posisi unblock bootloader sekalipun tidak dapat membantu, test point menjadi jalan satu – satunya. Metode Unbrick Redmi 5A, Redmi 5A Bootloop langsung terkait dengan hardware, di mana dengan kata lain dapat menghanguskan garansi anda. Jika memang anda masih memiliki garansi, maka ada baiknya digaransikan tetapi jika anda ingin mencobanya sendiri di rumah dan tidak menyerah, maka anda bisa mengikuti beberapa langkahnya.

Sebelum anda melakukan Unbrick Redmi 5A, Redmi 5A Bootloop ada baiknya jika anda menyiapkan beberapa kebutuhan alat untuk melakukannya, seperti berikut:

  • Pinset, pik atau opener
  • Obeng set khusus digunakan untuk hape
  • Tools,Mi Flashtool dan Mi PC suite yang terbaru
  • Fastboot rom Xiaomi Redmi 5A.

Jika semua kebutuhan alat sudah anda dapatkan, maka anda bisa memulai untuk melakukan unbrick Redmi 5A, seperti berikut ini langkahnya:

  1. Langkah pertama, mulai dengan membuka bagian belakang Xiaomi Redmi 5A menggunakan opener.
  2. Jika sudah, gunakan obeng untuk membuka baut yang ada pada bagian dalam
  3. Lepaskan batrainya dan pasang kembali.
  4. Sambungkan salah satu dari ujung kabel USB ke computer. Pastikan bahwa Mi Flashtool sudah load fastboot rom.
  5. Kemudian anda dapat mencari letak test point seperti yang ada pada gambar di bawah ini.

    Redmi 5A

  6. Jika sudah menemukannya maka anda bisa menggunakan ujung pinset untuk menyatukan dua letak dari test point tadi.
  7. Sambungkan dari ujung kabel USB ke Xiaomi Redmi 5A dengan membuka device manager. Jika Qualcoomm HS-USB Diagnostics 900E berubah menjadi Qualcomm HS –USB Diagnostics 9008 maka proses dari test point berhasil. Namun jika belum berhasil maka anda bisa mencobanya lagi.
  8. Jika sudah terdeteksi, flashing ulang seperti biasanya dan akhirnya Xiaomi Redmi 5A dapat nyala kembali dan bisa digunakan.

Semoga cara Unbrick Redmi 5A, Redmi 5A Bootloop bisa membantu menyelesaikan masalah bootloop anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *