Review : Apakah Xiaomi Mi 4c 1 Jutaan barang refurbish?

Mi 4c Refubish

Cari smartphone 1 jutaan 4g ram 2gb kamera 13 mp, ujung-ujungnya pasti ada di merek xiaomi :D. Nah kali ini ane akan membahas rumor yang beredar di kalangan gadgeters dimana Mi 4c yang harganya 1 jutaan itu refurbish (Katanya sih…).

Note : Artikel ini murni dari pengalaman ane. Apabila ada kesalahan mohon dikoreksi di kolom komentar.

Mungkin sekilas jika dipikir ulang, “masa sih 1 jutaan dapet Snapdragon 808? Kamera 13 MP bening banget?” . Menurut logika ane sih juga gak yakin hahaha… TAPI, karena rasa ingin tahu ane yang tergolong tinggi akhirnya ane buktiin dengan beli Mi 4C beberapa biji dengan range waktu yang berbeda.

Mi4c

Pertama ane beli sekitar bulan Agustus 2016 lalu (titipan salah satu ortu temen ane), Mi 4c masih diharga 1.8 jutaan. Nungguin barang dateng sih kerasa khawatir. Masa sih duit 1.8 juta bakal jadi barang rongsokan (red: Baca refurbish). Ane order di salah satu seller dengan garanasi BBOne (pasti tau nih yang suka order disini). Meskipun agak malah 30 ribu dibanding kompetitornya, seller ini lumayan fast respon.

Akhirnya setelah barang sampai, ane test semua sih normal. Barang masih segel. OS Distributor lah biasa hahaha. Masih UBL pulak. Mantep. Gak ada tanda-tanda barang refurbish di order pertama ini. Overall sangat memuaskan diharga segini dapet spek gahar.

Nah selang 2 bulan kemudian, harga Mi 4c ancur banget gan, 1.3 juta dapet baru. Bimbang sih mau nglepas meizu m2. Tapi karena godaan spek gahar, kualitas audio snapdragon dan harga murah, langsung ane jual tuh hape lama ane. Setelah ane jual, duitnya langsung ane bayar ke seller yang sama kayak transaksi pertama. Alhasil semakin kawatir, dulu 1.8 juta sekarang 1.3 apa gak bener-bener refurbish ini?.

Setelah barang sampai, ane unbox dan test semua hardware. Ternyata barang sama kayak yg dulu. Gak ada tanda-tanda refurbish sama sekali. Tetep Unlock Bootloader pula, Langsung flash minggat dari rom distributor terkutuk :D. Terus ane mikir, masa sih ane hoki berkali-kali?. Udah kedua kali ane beli Mi 4c dan rumor refurbish belum nampak di mata ane.

Seminggu pemakaian, ada temen yang pengen beli juga. Nah ini kesempatan juga ngetes rumor refurbish itu. Dan, lagi-lagi dengan harga 1.3 jutaan barang yang ane terima tetap seperti transaksi pertama. Gak ada tanda-tanda refurbish sama sekali. Gress, mulus, no problem.

Dari ketiga transaksi ane diatas, mungkin ente juga udah bisa nyimpulin sendiri kali yah :D. Jadi Mi 4c emang harganya segitu. Bukan karena refurbish terus harga anjlok. Mungkin emang ada beberapa yang dapet refurbish karena beberapa faktor khusus.

Sedikit saran dari ane sih :

  1. Lihat garansi yang diberikan distributor. Cari review di internet, apa udah bisa dipercaya atau belum.
  2. Dianjurkan transaksi lewat tokopedia/bukalapak dan situs m2m lain sejenis. Dan lihat review dari barang yang sudah dibeli. Cek ada tidaknya orang yang ‘koar-koar’ di sana soal barang refurbish :D.
  3. Setelah beli langsung ganti OS, jangan lanjut pake distributor. Sesat, cepet panas. Saran ane sih pindah ke CM/Mokee yang enak/stabil dipake harian. Tutorial bisa dilihat disini : Tutorial Flash ROM MOKEE/CYANOGENMOD MI4C

 

6 Responses to Review : Apakah Xiaomi Mi 4c 1 Jutaan barang refurbish?

  1. arul rino says:

    Malam mas,
    Maaf mau tanya soal Mi 4c, kemarin beli dimana Mi 4Cnya. Nama Seller nya apa?
    Saya pengen beli tapi takut dapat yg refurbished.

    Terima kasih.

  2. citra says:

    mas, mau tanya..

    untuk cek semua hardware, dengan tools apa? kalo flash, menghilangkan garansi dari distributor ga mas?

    saya lagi hunting redmi pro nih mas. sudah cek di toko referensi yg mas sebut diatas. kalo redmi pro, apa ada yg refurbish?

    terimakasih..

  3. arian says:

    selain di bboneline dimana lgi yg recomended gan? sbab di cek bbone lgi tutup.
    thnx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *