Review Asus ROG GX800 Indonesia Laptop Gaming Super Dewa Seharga Mobil

asus rog gx800

Review Asus ROG GX800 Indonesia

Apa yang terlintas dipikiran anda ketika mendengar ada laptop seharga mobil? Kaget, Heran, Tak Percaya atau malah penasaran kenapa harganya bisa mendekati harga satu buah mobil?. Well, Sekarang anda tak perlu heran lagi, karena ASUS telah meliris Flagship terbaru mereka di jajaran Republic of Gamers.  Monster gaming ini merupakan penerus dari Flagship sebelumnya yaitu GX700. ASUS ROG GX800  menjadi salah satu laptop premium dengan spesifikasi paling gahar dipasaran saat ini.

Mungkin sebagian dari anda ada yang berpikir: “ Kenapa ASUS berani membandrol sebuah laptop dengan harga semahal itu? , “ Buat apa membeli sebuah laptop dengan harga selangit hanya untuk bermain game?”, atau bahkan berpikirian sinis “ Semahal apapun laptop gaming, tetap saja lebih nyaman bermain game di Desktop/PC”. Untuk anda yang berpikiran seperti itu, bersiap siaplah untuk melongo, mengangguk- ngangguk setuju atau bahkan langsung mengecek saldo tabungan guna memastikan dana anda masih cukup untuk memboyong monster gaming ini ke rumah. Karena ASUS akan membiarkan ROG GX800 ini menjawab semua pertanyaan dan mematahkan pendapat anda diatas.

Sebagai seri Flagship terganas dari ASUS ROG, spesifikasi GX800 benar-benar mengejutkan dengan membawa prosesor Intel® Core™ i7-7820HK Kaby lake yang baru saja diluncurkan bulan januari lalu, Prosesor ini jauh lebih kencang dari pendahulunya (i7-6820HK) karena dapat di overclock hingga 4,4 Ghz. Untuk urusan grafis, ROG GX800 juga menggunakan VGA terbaru berbasis arsitektur Pascal 16 nm yaitu  Nvidia Geforce GTX 1080 SLI. Perlu diketahui Graphics Processing Unit (GPU) yang diselipkan pada GX800 ini merupakan teknologi VGA untuk kelas desktop VGA generasi terbaru yaitu Nvidia 1000 series. dimana fitur-fiturnya hampir sama dengan versi VGA Dekstop.  jadi secara kemampuan Laptop Gaming ASUS ROG GX800 setara dengan PC Dekstop Gaming yang sesungguhnya.

benchmark asus rog gx800

benchmark asus rog gx800

ASUS ROG GX800 menggunakan prosesor Core i7-7820HK, yang merupakan CPU quad-core dari Intel generasi terbaru yaitu Kaby Lake dengan berbagai teknologi canggih seperti Hyperthreading, Flex Memory Access, Enhanced SpeedStep Technology dan mendukung memory Hingga 64GB.
asus rog gx800 gtx 1080 cpu z asus rog gx800

 

Dengan arsitektur 14 nm+ yang sudah ditingkatkan prosesor ini memiliki clock speed yang lebih tinggi dan konsumsi daya yang lebih rendah dari pendahulunya. Dalam mode normal prosesor ini berjalan pada clock 2,9GHz lalu dapat ditingkatkan melalu fitur overclocking secara manual yang membuatnya dapat berjalan hingga 4,4 GHz.

asus rog gx800

mode standar

asus rog gx800

Mode Optimized

asus rog gx800

mode extreme

Peluncuran GX800 Asus Mendatangkan Overclocker Profesional

Pada Peluncuran Produk terbarunya ini ASUS juga mendatangkan “Alva Jonathan”  Sang “Dewa” Overclocker Indonesia untuk   membuktikan keganasan Dari Sang Monster gaming ROG GX800.

asus rog gx800

Kartu grafis yang digunakan pada ROG GX800 ini bertipe 2 Way SLI GTX1080. Artinya ada dua buah VGA card GTX 1080 yang ditanam di dalam notebook, kemudian performa dan kinerja dari keduanya digabungkan untuk menghasilkan satu kekuatan yang lebih besar.

Satu buah Nvidia GTX 1080 sendiri sudah memiliki kekuatan yang sangat ganas, bayangkan bila ada dua buah GTX1080 yang kekuatannya digabungkan. Secara spefikasi GTX 1080 memiliki CUDA Core sebanyak 2560, sementara base clock 1607 MHz dan boost clock 1733 MHz.  Satu buah GTX 1080 memiliki VRAM sebesar 8 GB GDDR5X dengan jalur memori bus selebar 256 bit berkecepatan 10 Gbps.

Tentu saja graphic card kelas teratas dari Nvidia ini telah dibekali dengan fitur VR Ready serta beberapa teknologi lainnya antara lain Nvidia G-Sync, Vulkan API, OpenGL dan lainnya. Dengan fitur-fitur dan teknologi tersebut, ROG GX800 akan sangat mumpuni dalam melibas semua game maupun rendering video beresolusi tinggi.

asus rog gx800

ROG GX800 memiliki memori RAM 64GB DDR4. Bayangkan betapa cepatnya sebuah notebook yang memiliki ram berkapasitas 64GB dalam menjalankan setiap aplikasi dan game tanpa jeda / lag sedikitpun.

DDR4 sendiri memiliki bandwith 20% lebih besar dan efisiensi tenaga 30% lebih tinggi dari memori DDR3. RAM DDR4 pada ROG X800 berjalan pada 2800MHz,  Sekitar 30%  lebih tinggi dari kecepatan DDR4 biasa. Bahkan dengan game terberat yang ada saat inipun, RAM 64 GB jelas lebih dari cukup untuk menghandlenya. Di sektor ini lagi-lagi GX800 menunjukan diri sebagai “Monster Gaming” yang paling dewa dari semua laptop gaming yang ada dipasaran.

asus rog gx800

ASUS ROG GX800 memiliki tiga SSD 512 GB berfitur non volatile memory express (NVMe). SSD tersebut memanfaatkan slot PCIE generasi ke tiga M.2 untuk memaksinalkan kecepataan.

Sebagai laptop gaming modern ASUS ROG GX800 mengakomodasi ruang penyimpanan dengan kapasitas yang sangat lega yakni 1,5TB, ini merupakan peningkatan dari pendahulunya yang dibekali ruang penyimpanan 1TB saja.

Mengingat tren size game saat ini yang makin lama makin “jumbo” tentu saja dengan kehadiran kapasitas penyimpanan yang lega menjadi nilai plus tersendiri, terlebih hadir juga slot SSD membuat sistem penulisan dan pembacaan data menjadi lebih cepat. Secara keseluruhan performa write and read dari SSD yang ada di ROG GX800 meningkat  hingga lebih dari 21% dan 55,7% .

Hasil Pengujian Game ASUS ROG GX800

asus rog gx800

Hasil test game dengan grafis berat menunjukkan hasil yang sangat memuaskan, meski dengan settingan Ultra High tetap saja FPS mantap sekali. Untuk lebih lengkap bisa cek di video berikut

Link video gaming test : youtube

asus rog gx800

Untuk mengoptimalkan kinerja dari hardware “monster” yang dibawanya, ASUS ROG GX800 dilengkapi dengan windows 10  yang telah di optimalkan khusus untuk gaming. Hal ini tentu sangat memudahkan para penggunanya, sehingga tidak perlu melakukan setting atau utak atik sendiri karena windows 10 yang dibawa oleh GX800 ini sudah sangat optimal untuk berbagai aktivitas.

asus rog gx800

Namun bagi anda yang gemar bereksperimen dengan settingan hardware, ASUS juga menyediakan aplikasi bawaan ROG Gaming Center, yang memungkinkan anda untuk melakukan berbagai setting mulai dari warna LED keyboard, Kontras Layar, hingga performa CPU .

 

asus rog gx800

ASUS ROG GX800 merupakan notebook pertama di dunia yang menggunakan watercooling. Watercooling ini berfungsi sebagai docking khusus  yang dapat digunakan sebagai workstation atau gaming desktop.Docking khusus berisi watercooling ini tersimpan di Tas bawaan yang didapat dipaket pembelian.

Perlu untuk diketahui, cara kerja dari docking yang  oleh ASUS disebut sebagai Hydro Overclocking Station ini masih sama dengan watercooling pada GX700. Pendingin bekerja dengan cara mengalirkan cairan yang berasal dari tangki melalui tabung selang yang didorong oleh pompa menuju ke dalam perangkat untuk mendinginkan sistem yang sedang bekerja.

Setelah menunaikan tugas tersebut, cairan panas yang telah mendinginkan sistem tersebut dialirkan lagi keluar sistem dan kembali menuju docking untuk mendinginkan temperature dengan radiator. Panas akan dibuang keluar melalui lubang ventilasi pada radiator.

Desain radiator water cooling dibuat dengan proses manufaktur yang sama dengan sistem pendingin yang ada pada sebuah mobil, agar dapat memberikan penyegaran dan pendinginan yang maksimal. Water cooling-nya pun sangat mudah digunakan, karena pengguna hanya tinggal mengaitkan konektor yang ada di docking dengan notebook.

Sebuah Laptop Gaming yang di Overclock hingga 4,4 Ghz dipadukan dengan sistem watercooling canggih menjadikan performa ROG GX800  “ngamuk” ibarat monster yang siap melahap game apapun.

asus rog gx800

ROG GX800 memiliki sistem thermal pendingin yang unik, mengarahkan debu keluar dari sebuah saluran dust-release tunnel untuk menjauhkannya dari komponen internal.Hal ini terbukti dapat memperpanjang umur pemakaian dari setiap komponen dan meningkatkan stabilitas keseluruhan laptop dengan mencegah penyumbatan radiator dan mengurangi efektifitas pendinginan.

ROG GX800 telah mendedikasikan modul pendinginan pada CPU dan GPU untuk secara efektif mendinginkan masing-masing komponen. Pipa pembuang hawa panas dikelola secara efisien dan dikeluarkan melalui ventilasi belakang agar panas langsung menjauh dari Anda untuk sesi game yang lebih nyaman ketika digunakan tanpa docking khusus.

asus rog gx800

asus rog gx800asus rog gx800 asus rog gx800

Secara keseluruhan, reka bentuk alias basis desain dari ASUS ROG GX800 sejatinya hampir serupa dengan pendahulunya ASUS ROG GX700. Bahkan sepertinya, ASUS seolah ingin memberikan identitas wujud yang seragam bagi perangkat-perangkat gaming machine premium buatannya dengan merancang bodi mereka hampir sama persis.

Dilihat sepintas ASUS ROG GX800 pun tampak hampir sama dengan ROG G752, mesin gaming seri high-end. Pasalnya, notebook dengan pendingin watercooling terpisah ini memiliki warna metallic grey atau abu-abu mengkilap. Pada bagian tengah, terdapat logo ASUS beserta dua garis tegas dengan sudut kemiringan sekitar 70 derajat yang bisa menyala dengan sangat keren.

Panel LID atau covernya terbuat dari alumiunium, pun begitu dengan area keyboard serta palm rest. Sementara bodi bagian bawah, khususnya cover penutup untuk mengakses kompartemen bagian dalam tempat menyimpan HDD, SSD, dan RAM terbuat dari material plastik khusus

                                               Event Peluncuran Asus ROG GX800 di Jakarta 22/03/2017

Namun Peningkatan spesifikasi dan fitur yang ada berimbas pula pada penambahan bobotnya, Notebook ini memiliki berat 5,7 kilogram dan dockingnya sendiri memiliki berat 4,7 kilogram. Bisa dibilang Cukup berat untuk ukuran sebuah “Laptop”,  Tapi tenang saja, Asus mengatasi masalah ini dengan menyertakan “Backpack dan koper”  dipaket penjualan untuk lebih memudahkan mobilitas.

asus rog gx800

asus rog gx800

ASUS ROG GX800 sudah dilengkapi oleh mechanical keyboard lengkap dengan macro keys. Tidak hanya itu keyboard notebook ini didukung dengan fitur anti ghosting 30 roll over keyboard serta mechanical switch yang memberikan kenyamanan memainkan game Moba (multiplayer online battle arena) seperti Dota 2, league of legends maupun game FPS (first person shooter) misalnya Point Blank, CSGO dan Battlefield Series.

asus rog gx800

Selain teknologi canggih diatas, keyboard pada ASUS ROG GX800 ini juga bisa anda atur sesuka hati warna LEDnya, pengaturan untuk fitur ini terdapat di aplikasi ROG Gaming Center dengan nama  Aura RGB Lightning. Hal ini merupakan peningkatan yang bagus mengingat pada seri sebelumnya LED keyboard hanya bisa menyala dengan satu warna saja

asus rog gx800

ASUS ROG GX800 juga dilengkapi fitur IceCool Technology layaknya seri G752. Prinsip teknologi ini adalah desain penyebaran panas yang mampu menjaga kondisi panas dan stabil di rentang antara 28 sampai 35 derajat. Sehingga Pengguna bisa berlama lama menggunakan notebook gaming tanpa khawatir pergelangan atau tangannya terasa panas dan tidak nyaman.

asus rog gx800

asus rog gx800

ASUS ROG GX800 memiliki luas penampang layar (display) yang lebih besar daripada GX700 yakni 18,4 inci. Kemampuannya komponen pengolah grafis serta kecepatan maksimum prosesornya juga diperbarui menjadi lebih gahar.

Bermain Game di layar 18,4 inci dengan resolusi 4K UHD sudah pasti membuat kita betah, karena pengguna akan  dimanjakan dengan detail yang menakjubkan. Selain itu ROG GX800 juga memiliki fitur panel wide-view yang super cepat 120Hz, yang memberikan kualitas gambar yang luar biasa bahkan pada saat dilihat dari sudut yang ekstrim.

Tak hanya itu, Teknologi dari NVIDIA® G-SYNC™ yang ditanamkan di layar ROG GX800 juga menjanjikan tampilan dalam bermain game yang halus dan lancar, dimana ia akan mensinkronisasi refresh rate layar dengan frame rate dari NVIDIA® GTX™ GPU’s untuk tampilan visual yang halus serta mulus. G-SYNC™ membantu untuk menghindari lag, meminimalisir stutter, dan menghilangkan tearing.

asus rog gx800

asus rog gx800

Dengan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1080 SLI yang dipadukan dengan Liquid-Cooling Dock yang eksklusif, ROG GX800 dijamin akan memberikan pengalaman ber virtual reality terbaik yang pernah anda terima. Monster Gaming ini akan memberikan anda grafis yang super smooth, tanpa lag/ jeda sedikitpun dan FPS yang melebihi 90.  Selain itu ROG GX800 juga sudah mendukung VR Headset dari awal, sehingga anda tidak perlu ribet melakukan setting terlebih dahulu.

asus rog gx800

asus rog gx800

Sebagai Laptop dengan Spek Dewa yang bertujuan memanjakan pengguna, tak lengkap rasanya jika tidak ada teknologi untuk mengatur kontras dan kecerahan layar sesuai keinginan pengguna. ROG GX800 telah dibekali teknologi bernama ASUS Spendid Display. Fitur ini membawa empat buah mode yang bisa dipergunakan pengguna untuk menyetel layar agar nyaman ketika dipergunakan. Empat mode tersebut antara lain, Normal Mode, Eye Care Mode, Vivid Mode, dan Manual Mode.

  • Normal Mode adalah, mode dimana LCD telah diprogram (setting) secara lebih optimal untuk kenyamanan tampilan visual. Penggunaan mode ini cocok untuk bekerja sehari hari, seperti mengedit dokumen dan melihat gambar.
  • Eye Care Mode adalah mode yang dirancang untuk penggunaan laptop dalam jangka waktu lama karena layar akan menggunakan cahaya lebih kuning (redup) dengan tujuan untuk mengurangi dampak cidera pada retina mata.
  • Vivid Mode adalah mode dimana pengguna akan mendapatkan kontras warna, serta ketajaman gambar yang lebih tinggi dari sebelumnya. Itu berguna untuk memberikan pengalaman visual yang lebih hidup untuk melihat gambar seperti pemandangan di dalam film, foto dan lainnya. Mode ini cocok digunakan ketika menonton film, mengedit foto ataupun video,
  • Manual Mode adalah mode dimana pengguna dapat dengan bebas mengatur kecerahan dan tampilan pada layar sesuai keinginan.

asus rog gx800

ASUS kembali mengembangkan Sonic Studio II dan Sonic Radar II khusus untuk ROG GX800. Sonic Studio II yang merupakan upgrade dari Sonic Studio akan menghasilkan suara audio gaming berkualitas tinggi, serta peningkatan di sektor perekaman audio untuk pengambilan suara yang sempurna dan pengurangan kebisingan dengan teknologi noise gate. Fitur ini akan sangat berguna bagi anda yang suka melakukan streaming ke youtube / twitch ketika bermain game, dimana anda akan dapat memberikan suara komentar yang jelas ke penonton tanpa tercampur dengan suara dari game itu sendiri.  Sonic Radar II membantu Anda untuk mendeteksi musuh Anda melalu sebuah on-screen overlay yang menunjukkan posisi relatif dari tembakan, langkah kaki, dan efek suara dalam game lainnya.

asus rog gx800

 

asus rog gx800

Teknologi DAC ESS Sabre yang ditanamkan di ASUS ROG GX800 akan memberikan kualitas audio 8X lebih baik dari kualitas audio CD. Keluaran suara 32bit-/384KHz juga akan memanjakan anda ketika bermain game. Selain itu built-in subwoofer dan 4 speaker yang ada juga akan memberikan anda kualitas audio terbaik ketika sedang bermain game tanpa headphone.

asus rog gx800
asus rog gx800

Tak bisa dipungkiri akhir akhir ini aktivitas live streaming sudah mulai banyak dilakukan oleh para gamer profesional melalui berbagai media sosial seperti youtube, twitch dan sebagainya. Diantara para gamer profesional yang sering melakukan sesi live streaming adalah Pemain Dota 2, CSGO, Overwatch dan lainnya.

asus rog gx800

ASUS menyadari hal tersebut sehingga tidak lupa melengkapi ROG GX800 dengan berbagai fitur yang memudahkan pengguna untuk melakukan aktivitas streaming / broadcasting. Diantara fitur yang disematkan antara lain Aplikasi Xsplit GameCaster, ROG Sonic Studio II, built in dual array microphone dan HD kamera. Sehingga anda tidak perlu lagi repot-repot membeli peralatan kamera tambahan agar bisa melakukan live streaming.

asus rog gx800

asus rog gx800

ROG GX800 juga dilengkapi dengan WiFi antena eksternal. Dengan menggunakan eksternal WiFi kemampuannya dan kecepatannya dalam menangkap sinyal menjadi lebih baik dibandingkan WiFi antena standar.

 

asus rog gx800

ASUS sendiri mengklaim bahwa daya jangkaunya dalam menangkap sinyal meningkat hingga 50% daripada mengunakan antena standar. Hal ini memudahkan anda saat hendak memainkan game online tanpa LAN.

asus rog gx800

asus rog gx800

Monster gaming ini juga memiliki port HDMI 2.0 untuk memfasilitasi monitor 4K dengan tingkat refresh rate 60Hz. Adapula display port 1.3 yang mendukung 8K monitor (60 Hz) atau dual 4K monitor 60Hz.

Selain itu 2 buah USB 3.1 Type C yang telah mendukung Thunderbolt 3.0 dan 3 buah USB 3.0 Type A juga telah disematkan pada ROG GX800.  Tidak lupa Headphone jack, mic jack, WiFi Antena eksternal serta 2-1 card reader , LAN port dan Kensington lock juga disertakan pada laptop gaming super dewa ini.

Mengenai sistem pendinginan, ROG GX800 juga dilengkapi exhaust yang terletak dibelakang untuk mengeluarkan panas. Sementara dua buah ventilasi yang terletak di kanan dan kiri perangkat berguna untuk menyaring udara yang masuk.

asus rog gx800

asus rog gx800

Masalah lag karena koneksi internet pada saat bermain game online adalah hal yang sangat menyebalkan bagi semua gamer. Terlebih lagi jika kita harus mendownload file / update game sambil bermain game online sekaligus. Dipastikan permainan kita akan terganggu karena koneksi internet yang tidak stabil.

Akan tetapi anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah tersebut karena ASUS ROG GX800 telah dilengkapi fitur Gamefirst III yang akan mengoptimalkan koneksi internet untuk kebutuhan gaming dibandingkan dengan kebutuhan lainnya yang tidak mendukung kebutuhan gaming.

Sehingga anda tidak perlu lagi takut untuk menjalankan aplikasi lain di background, atau sambil mendownload file dari internet ketika bermain game, karena bandwidth internet akan diutamakan untuk kebutuhan bermain game.

asus rog gx800

Perbedaan ROG GX800 Dengan Pendahulunya (GX700)

Perbedaan ROG GX800 Dengan Pendahulunya

 

asus rog gx800

asus rog gx800

Pada produk sebelumnya, yakni ASUS GX700, ASUS membundle paket pembelian notebook tersebut dengan mouse bernama SICA. Yang sebenarnyaa dalah mouse biasa yang diberi nuansa gaming. mouse itu tidak memiliki pengaturan DPI atau tingkat responsifitas untuk menggeser kursor seperti mouse gaming.

Sementara pada ASUS GX800 mouse yang diberikan adalah Gladius, sebuah mouse gaming yang dapat di set DPI-nya hingga 6400 sehingga sangat ideal untuk bermain game First Person Shooter. Selain itu anda akan  Liquid Cool Docking , Backpack Bag , Gaming Suitcase dan Antena WIFI  yang semuanya bernuansa ROG.

Dari awal sudah disebutkan bahwa harga yang dipatok untuk sang monster gaming ini tidaklah murah. Namun bagi anda yang tidak keberatan merogoh kocek hingga 95 Juta rupiah untuk sebuah laptop, ASUS berani memberikan jaminan bahwa anda akan puas dengan kualitas dan performa yang ditawarkan oleh ROG GX800 ini :).

asus rog gx800

Asus ROG GX800 menjawab keinginan anda yang mendambakan desktop / PC gaming yang bisa dibawa kemana mana. Karena sejatinya notebook ini adalah komputer mobile dengan performa yang benar benar setara perangkat desktop. Harga yang tidak murah akan terbayar dengan performa dan kualitas yang premium dari sebuah monster gaming.

Hal yang paling dituntut dari sebuah laptop gaming tentu saja adalah kinerjanya dalam melahap semua game. Apa gunanya embel-embel gaming jika tidak bisa melahap semua game dengan lancar. Asus ROG GX800 menjawab hal itu dengan tampil memukau menggunakan prosesor terkini Intel Kaby Lake i7-7820HK yang disandingkan dengan Geforce GTX 1080 SLI menjadikanya laptop gaming PALING “dewa” atau “overpower” saat ini.

Selain mumpuni untuk bermain game, ASUS ROG GX800 juga bisa dijadikan teman yang bisa diandalkan untuk hal-hal lain seperti kegiatan Multimedia, editing video, Modeling, Rendering dan Animasi yang kebanyakan menggunakan aplikasi-aplikasi berat. Berbeda dengan perangkat desktop yang harus dipakai di tempat, ASUS ROG GX800 akan memberikan pengalaman terbaik untuk bermain game dan bekerja kapanpun dan dimanapun.

 

Demikian review dari sang dewa laptop gaming, ASUS ROG GX800. Bagaimana pendapat anda mengenai laptop ini? Silahkan tulis dikolom komentar dibawah. Terimakasih dan Salam Teknologi

6 Responses to Review Asus ROG GX800 Indonesia Laptop Gaming Super Dewa Seharga Mobil

  1. Muhammad Ali Usman says:

    wah reviewnya mantep lengkap banget gan, salut saya hhe semoga sukses kompetisinya

  2. Fatcha primada says:

    Gilaaak harganya wkwkw tapi udah canggih sih pake sistem pendingin kaya radiator pula

  3. Reza Rahardian says:

    Mantap bro Laptop gaming yg yahud, tapi duitnya bisa dibuat bikin warnet juga kalo segitu hehehe

  4. Toni says:

    Ngeri Reviewnya rapih + lengkap banget :v adooh blog saya bisa kalah ini, semoga yg terbaik yg menang

  5. Agung R says:

    Harganya wkwkwk bisa dapet agya / ayla seken wkwkw ? tapi buat yg udah hobi ngegame enak nih, serasa desktop pc portable

  6. Rizki R says:

    wah ini boleh juga reviewnya, semoga sukses blognya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *