Review ASUS Zenfone Max Pro M1 Indonesia, Hape Gaming Gak Harus Mahal

ASUS Zenfone Max Pro M1 Indonesia

Akhir-akhir ini industri e-sport di Indonesia sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Tak hanya terbatas pada games PC / laptop, sekarang games mobile juga sudah diperhitungkan sebagai salah satu cabang dalam E-Sport.  Dukungan dan promosi yang ada lewat social media serta perkembangan dari teknologi hardware smartphone yang semakin canggih, membuat games mobile menjadi semakin dikenal di masyarakat. Namun,  tak sedikit orang yang masih berpikiran bahwa untuk bisa bermain games mobile jaman sekarang dengan lancar dan mulus maka harus “merogoh kocek yang lebih dalam” untuk membeli smartphone mewah dengan spesifikasi yang tinggi. ASUS nampaknya ingin mematahkan pendapat ini dengan membuat gebrakan baru di dunia Smartphone Indonesia.

Esport Indonesia

Eits, Tunggu dulu. Sebenarnya apasih yang harus dilakukan bagi produsen smartphone agar bisa dikatakan berhasil membuat gebrakan di Indonesia? Jawaban dari pertanyaan ini menurut saya yang merupakan pengguna awam dan reviewer alakadarnya tidak lain dan tidak bukan adalah “ Buat Smartphone dengan spesifikasi setinggi mungkin kemudian jual dengan harga semurah mungkin”. Semakin murah harga yang ditawarkan dan semakin tinggi spesifikasi yang dimiliki, dijamin pasti akan laris manis di pasaran,

Asus Zenfone Series 2014

Sekarang ASUS seakan “kembali” menganut prinsip ini. Bagi anda yang belum tahu, dahulu ASUS pertama kali dikenal dipasaran Indonesia karena berhasil mengenalkan jajaran Zenfone Series yang memiliki spesifikasi mewah dengan bandrol harga yang sangat terjangkau di zamannya. Kini di tahun 2018, ASUS dengan smartphone Zenfone Max Pro M1 nya berhasil membuat standar baru untuk smartphone dengan harga “terjangkau” di Indonesia, Serta mematahkan pendapat bahwa “Smartphone Gaming” haruslah mahal.

Snapdragon 636

Bagaimana tidak, Dengan Tagline Limitless Gaming, ASUS Zenfone Max Pro M1 ini dibekali prosesor Snapdragon 636 yang digadang gadang sebagai penerus dari Snapdragon 625 yang sebelumnya sangat laku dipasaran. Prosesor mid end terbaru dari qualcomm ini disebut-sebut memiliki fitur kelas premium dari generasi Snapdragon 800 namun tetap memiliki efisiensi daya yang sangat baik berkat teknologi 14nm yang digunakan. Hal ini yang membuat prosesor ini ditunggu-tunggu dipasaran. Tak hanya itu, ASUS Zenfone Max Pro M1 juga memilki setup dual kamera kekinian dan baterai super jumbo 5000 mAH namun dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau yakni:

  • RP 2.199.000 untuk versi 3/32
  • RP 2.599.000 untuk versi 4/64
  • RP 3.399.000 untuk versi 6/64

(Sumber : website official ASUS Indonesia)

Sangat menarik bukan? Bagaimana Review Lengkapnya? Simak sampai habis di SixalSphere 😀

ASUS Zenfone Max Pro M1 memiliki desain yang cukup menarik, meskipun memilki kapasitas baterai yang sangat besar hingga 5000 mAH namun body nya cukup ramping. Bahan yang digunakan juga metal sehingga berasa kokoh dan mantap digenggaman. Penempatan tombol Power dan Volume disebelah kanan smartphone serta sim Triple (Ada Slot Khusus MicroSD) dj sebelah kiri juga sudah sangat pas sehingga gampang dijangkau dengan jari.

Triple Slot

Sedangkan dibagian bawah Smartphone terdapat jack audio, grill speaker serta port charger. Selain itu Posisi fingerprint dibody belakang juga sudah sangat nyaman sehingga memudahkan untuk proses unlock ketika smartphone dikeluarkan dari kantong atau saku. Intinya saya sangat menikmati desain dari smartphone ini, baik untuk penggunaan yang intens seperti gaming nonstop maupun sekedar bersocial media atau multimedia ringan ASUS Zenfone Max Pro M1 tetap nyaman digenggaman

Layar yang digunakan pada ASUS Zenfone Max Pro M1 sudah menggunakan ukuran 6 Inch dengan rasio 18:9 serta teknik curved display 2.5D sehingga tampil kekinian dan enak dilihat.

Fullview Display

Tampilan layar yang sering disebut fullview display atau infinite display ini juga sangat memanjakan mata untuk kegiatan multimedia seperti browsing2, menonton video ataupun bermain games. Tak hanya itu desain Bezeless yang ada dibagian depan smartphone ini juga ikut mempercantik tampilan layar dan membuat smartphone tetap terasa ringkas meskipun bentang layar yang dimiiliki sebenarnya cukup lebar.

Salah satu yang menjadi daya Tarik dari ASUS Zenfone Max Pro M1 selain spesifikasi jeroan dan desain menawan adalah SIstem Operasinya, Menggunakan Pure Android (Androd Murni) 8.1 Oreo kesan yang dibawa adalah simple, cepat dan bebas bloatware.

Tampilan Homescreen

Selain itu penggunaan Android Murni juga memberikan kemungkinan Update yang lebih cepat karena vendor tidak perlu repot memberikan kostumisasi layaknya custom UI di smartphone lain. Namun, ASUS tetap tidak lupa menyematkan fitur yang sekiranya penting seperti Gesture, Picture In Picture dan beberapa fitur lain sehingga anda tidak perlu merasa khawatir kehilangan banyak fitur Zen UI karena penggunaan Android Murni.  Untuk anda yang gampang bosan dengan tampilan smartphone juga tidak perlu khawatir karena pada Pure Android 8.1 Oreo ASUS Zenfone Max Pro M1 dapat dengan mudah di Install Launcher ataupun aplikasi pihak ke3 lainnya untuk mengkustomisasi tampilan. Berikut contoh hasil homescreen yang sudah saya kustomisasi

Kustomisasi dengan Launcher

Perpaduan dari Snapdragon 636 dengan ram 4 gb dan internal 64 gb (Varian yang saya Review) dikombinasikan dengan sistem operasi Android Murni 8.1 Oreo sudah jelas memberikan performa yang cepat, smooth dan multitasking yang sangat lancer. Buka tutup aplikasi juga terasa lancar dan cepat.

PUBG Mobile

Performa Gaming yang diberikan Asus Zenfone Max Pro M1 juga cukup bisa dibanggakan, Hasil Tes saya dengan beberapa game yang sedang Hype seperti PUBG Mobile dan Mobile Legends didapati performa yang lancar tanpa lag maupun drop fps. PUBG Mobile bisa secara default mendapatkan setting medium,

Mobile Legends

sedangkan Mobile Legends bisa berjalan di setting grafis tertinggi lengkap dengan mode High Frame Rate (setelah update game versi terbaru). Suhu body smartphone dan layar juga tetap terjaga meskipun telah digunakan untuk bermain game maupun menonton video dalam waktu yang lama (1-2 jam).

Untuk Lebih lengkanya saya juga turut menyertakan hasil uji menggunakan beberapa aplikasi Benchmark berikut:

Antutu Benchmark

Tes benchmark

Pada Intinya saya sangat puas dengan performa yang diberikan oleh ASUS Zenfone Max Pro M1, tagar Limitless Gaming yang digembor gemborkan ASUS memang terbukti benar dan bukan kaleng – kaleng belaka 😀

 

Menggunakan Baterai berkapasitas Monster (5000 mAH) diklaim mampu bertahan hingga sebulan lebih waktu standby dan 12 jam waktu bermain games. Lantas bagaimana performa nyata baterainya? Berdasarkan pengalaman saya selama menggunakan ASUS Zenfone Max Pro M1 selama kurang lebih 1 bulan, saya mendapati daya tahan baterai yang mengesankan.

SOT

SOT (Screen on Time) yang didapat selalu stabil di sekitar 10- 11 jam untuk penggunaan sedang (youtube, sosmed, chatting dan sedikit gaming). Daya tahan tersebut memang sudah tergolong sangat awet, namun saya berharap daya tahannya bisa meningkat lebih baik lagi melalui update software mengingat kapasitas yang dibawa jauh lebih besar daripada smartphone lain dikelasnya. Sedangkan untuk kecepatan pengisian daya (Charging) saya tidak mempunyai keluhan yg berarti, pengisian daya 10-100% membutuhkan waktu kurang lebih  2,5 jam saja, hal tersebut sudah cukup cepat mengingat kapasitas baterai yang dimiliki.

Dengan menggunakan setup dual kamera dibelakang yang memiliki resolusi 12 Mp dan 5 Mp ASUS Zenfone Max Pro M1 diklaim dapat menghasilkan foto bokeh yang setara dengan kamera DLSR, serta dilengkapi kamera depan beresolusi 8 mp untuk ber-selfie ria. Terdengar wah bukan? Lantas bagaimana kualitas hasil tangkapan kameranya? Apa saja Fitur yang ada di software kamera bawaannya? Berikut saya sertakan hasil jepretan dan fitur kamera ASUS Zenfone Max Pro M1.

Fitur Kamera

Fitur-fitur kamera yang ada  di zenfone max pro M1 antara lain HDR, Portrait, Landscape, flower DLL

Contoh hasil kamera

Foto low light

 

Foto HDR

Foto Kamera Depan

Foto bokeh kamera belakang

Foto Indoor + Flash

Menurut opini saya, hasil kamera tersebut tergolong cukup bagus dikelas harganya tapi saya kira software kamera dari ASUS Zenfone Max Pro m1 ini masih kurang maksimal. Nah bagi anda yang suka mengotak atik smartphone, saya punya sedikit bocoran, ASUS Zenfone Max Pro M1 ini bisa menggunakan aplikasi kamera pihak ke-3 seperti GCAM setelah melalui sedikit tweak tanpa menghilangkan garansi 😀 sehingga hasil kamera sudah bukan menjadi keluhan lagi. Berikut saya sertakan beberapa hasil foto menggunakan GCAM di ASUS Zenfone Max Pro M1.

Very Low Light HDR+ GCAM

Very Low Light HDR+ GCAM

Fitur Audio Zenfone Max Pro M1

Pada awalnya saya tidak berharap banyak dengan kualitas audio yang dimiliki oleh ASUS Zenfone Max Pro M1, mengingat smartphone ini sudah memberikan banyak kelebihan di sector lain seperti prosesor, baterai hingga kemampuan dual kamera. Namun setelah mendengarkan speaker bawaannya untuk memutar music, saya merasakan kualitas yang cukup baik, bahkan mungkin yang terbaik di range harganya. Suara yang dihasilkan termasuk jernih dengan seperasi yang lumayan jelas, serta bass yang cukup berasa.  Kualitas audio menggunakan earphone menurut saya juga tidak kalah bagus, bass, separasi dan kejernihan yang dimiliki rasanya sudah lebih dari cukup untuk telinga pengguna awam seperti saya.  Lagi lagi ini menjadi kelebihan ASUS Zenfone Max Pro M1 dibanding kompetitornya.

ASUS Zenfone Max Pro M1 adalah sebuah ponsel kelas menengah yang sangat susah dicari kekurangannya. Tagar Limitless Gaming yang digembor-gemborkan ASUS memang sangat cocok dan bukan kaleng-kaleng belaka, performa Prosesor powerfull dan hemat, Sistem Operasi  yang ringan serta dukungan baterai jumbo memang kombinasi yang sangat mumpuni untuk menjadikan ponsel ini sebuah budget gaming phone J tak hanya itu, sector lain seperti kamera, kelengkapan sensor serta audio juga tidak dibuat asal-asalan, bahkan bisa dibilang di semua sector yang saya sebutkan barusan, ASUS Zenfone Max Pro M1 adalah pilihan terbaik di range harganya.

KELEBIHAN

  • Gaming Phone terbaik di Range Harganya (Mid End)
  • Prosesor terbaru yang powerfull dan hemat daya
  • Daya tahan Baterai luar biasa
  • Fast Charging
  • Body Metal, Layar Fullview serta desain kekinian
  • Dual Kamera
  • Kualitas speaker sangat bagus di kelasnya

KEKURANGAN

  • Tidak ada NFC (Opsional tergantung kebutuhan user)
  • Hasil Kamera di Lowlight kurang bagus (bisa diakali dengan aplikasi GCAM 😀 )

Model ZenFone Max Pro M1 (ZB602KL)
Display, Resolution Full HD+ 2.160 x 1.080 pixel, 18:9 Full View Display
2.5D curve glass with 450nits
CPU Qualcomm Snapdragon 636 8x (octa-core) 14nanometer
SoC Processor Kryo 260 CPU up to 1.8GHz
GPU Qualcomm® Adreno™ 509 GPU
LPDDR4 3GB RAM , 32GB ROM
Memory RAM / Storage LPDDR4 4GB RAM , 64GB ROM
LPDDR4 6GB RAM , 64GB ROM
Supports up to 256GB MicroSD, 100GB Google Drive (free 1 year)
Rear (main) 13MP / 16MP with f/2.0 Aperture, Phase Detection Auto Focus, LED
Camera flash
Rear (wide) 5MP / 8MP 120o wide-angle camera for 200% wider view for bokeh
Camera System Camera effect
Front camera 8MP / 16MP, LED flash
Camera feature PixelMaster 4.0 camera mode:
Beauty, Auto (with HDR features), Selfie Panorama, GIF Animation
Wireless WLAN 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2, Wi-Fi direct
Sensor Rear fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Face Recognition,
Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient Light Sensor, Gyroscope
Triple Slots: dual SIM, one MicroSD card
Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card
SIM card and Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card
SD slot Slot 3: Supports up to 256GB MicroSD card
Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. But only one SIM card
can connect to 4G LTE service at a time.
FDD-LTE, TD-LTE, WCDMA, GSM
Network Data rate:
DC-HSPA+ (DL/UL): 42/5.76 Mbps; LTE CAT 7 (DL/UL): 300/150 Mbps, 3CA support
GPS GPS, AGPS, Glonass, BDS
OS Pure Android 8.0 Oreo
5.000mAh capacity with fast charging, ASUS PowerMaster technology, 2x longer
Battery battery lifespan, up to 35 days 4G standby, up to 42 hours 3G talk time, up to 20
hours video playback, up to 28 hours Wi-Fi web browsing
Audio / Loud speaker, PMIC internal amplifier, Dual internal microphones with ASUS Noise
Microphone Reduction Technology, FM Receiver
Size / Weight 159 x 76 x 8.46 mm / 180 grams
Color Deepsea Black and Meteor Silver

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *