Review Xiaomi Redmi 4 Prime Indonesia Performa Cepat dan Tahan Lama

      Review Redmi 4 Prime Indonesia                                   SixalSphere

Halo pembaca, sudah cukup lama admin tidak posting tentang review smartphone di   SixalSphere.com, dan kali ini saya rasa merupakan saat yang tepat untuk memberikan ulasan saya terhadap salah satu smartphone seri mid end xiaomi yang sedang booming dipasaran. Yup, Apalagi kalau bukan Xiaomi Redmi 4 Prime.

Sang penerus dari Redmi 3 Pro ini datang dengan membawa spesifikasi yang termasuk mewah untuk seri Redmi. Bahkan saya rasa jika dilihat dari segi spesifikasi Xiaomi Redmi 4 Prime ini bisa langsung head to head (berhadap hadapan) dengan Smartphone andalan dari Asus yaitu Zenfone 3. Bagaimana tidak, berbekal Prosesor ngebut dan hemat daya dari Qualcomm yaitu Snapdragon 625 plus GPU Adreno 506 dipadukan dengan RAM 3GB, Internal 32GB , Layar 5 inch FullHD serta dukungan keamanan fingerprint membuat smartphone ini terasa murah dilevel harga 2 jutaan.

Tapi tunggu dulu, sebagian dari para pembaca pasti pernah mendengar pepatah reviewer smartphone 😀 “ Spesifikasi diatas kertas bukan merupakan segalanya, yang terpenting dari sebuah smartphone adalah user experience (pengalaman penggguna)”. Lalu bagaimana user experience yang saya dapat dari smartphone mid end xiaomi ini? Check it out.

SPESIFIKASI:

Dikutip dari GSM Arena

Bagi yang mau ngecek harga/beli :

 

DESAIN

Desain menurut saya merupakan salah satu aspek yang dijual Xiaomi dari Redmi 4 Prime ini, memang saat ini penggunaan body metal sudah bukan hal yang wah, mengingat hampir semua produsen smartphone sudah mulai beralih ke body metal. Tapi xiaomi dapat mengemas body metal, layar 2,5 Glass dan aksen2 chrome ala iphone dalam sebuah body smartphone yang compact sehingga desain dari redmi 4 prime ini enak dipandang mata dan nyaman dalam genggaman. Tombol tombol fisik yang ada juga enak ditekan, rasanya benar benar pas dan klik 😀 hehe. Sisi kanan smartphone dihiasi tombol power dan volume. dibagian kiri smartphone hanya ada slot sim card yang bersifat hybrid. Dibagian bawah body smartphone terdapat port USB yang diapit 2 buah speaker. Tapi jangan tertipu, yang berfungsi sebagai speaker hanya satu bagian, sedangkan lubang yang lain adalah sebagai microfon. Dibagian atas terdapat jack audio, Sensor infrared (untuk remote control) dan secondary Microfon. Overall desain dari redmi 4 prime masih bisa diterima tetapi tidak terlalu istimewa (masih mirip saudara2nya).

Dalam Box

Belakang

tampak layar

Kiri

Kanan

Atas

Bawah

LAYAR

Hal kedua yang pantas dibanggakan dari xiaomi Redmi 4 Prime adalah layarnya, ya Layar berteknologi IPS dengan resolusi FULLHD ini terasa bagus dan nyaman dilihat lama lama . Mengingat seri redmi sebelumnya hanya menggunakan resoulsi HD, Peningkatan menjadi berasa di sektor ini. Untuk Responsivitas layar juga patut diacungi jempol karena multitouch yang sampai 10 sentuhan (khas semua ponsel xiaomi). Hanya saja keberadaan bezel hitam yang tebal dipinggiran layar membuat saya agak kurang suka dengan layarnya. Entah apa fungsi dari bezel tebal ini, memperindah desain juga tidak, yang ada justru membuat ilfeel 😀 menurut saya . Solusi yang bisa dipakai bagi anda yang tidak suka dengan bezel tebal ini adalah memasang tempered glass berwarna hehe 😀 (lihat di foto redmi 4 prime saya diatas).  Selebihnya saya tidak ada keluhan disektor ini

Tempered Glass Warna untuk menutupi bezel tebal

PERFORMA

Xiaomi Redmi 4 Prime yg saya dapatkan out of the box masih menggukan rom distributor ( seri ROM melebihi 4 digit), yg kemudian saya flash ke rom officialnya, untuk tutorial flashnya ada di link berikut:

Cara Flash ROM Xiaomi Redmi 4 Prime ke ROM Global

jadi pada saat prosess review ini Xiaomi redmi 4 Prime saya sudah menggukanan MIUI 8 Global Stable 8.1.2.0. Performa UI terasa sangat amat lancar (melebihi mi4c yang menggunakan Snapdragon 808), multitasking juga nyaman berkat ram 3gbnya, meskipun sisa ram hanya setengahnya (sekitar 1,5GB) tapi itu bukan masalah selama multitasking terkendali. Performa UI saya rasakan setara dengan Redmi Note 3 Pro yang menggunakan snapdragon 650.  Memang, seri snapdragon 600 yang terbaru ini ( 625, 652 dan 650) merupakan prosesor yang sangat worth dan mantap. Seri ini dapat memberikan performa yang jos di imbangi dengan pemakaian daya yang sangat hemat. Jauh berbeda dengan seri snapdragon 600 tahun2 sebelumnya, 615 pada mi4i misalnya.

Adanya fitur Double tap to wake, serta fingerprint yang sangat responsif juga semakin mempermudah kita dalam mengakses smartphone dari kondisi layar mati. Untuk performa gaming jelas tidak usah diragukan, semua game yang saya mainkan berjalan mulus dan lancar misalnya, mortal combat X, Sniper 3D , Mobile Legend dll

Intinya pemilihan prosesor snapdragon 625 dikombinasikan dengan ram 3GB merupakan resep yang pas untuk menjalankan miui 8 dengan semua kostumisasinya. Good Job Xiaomi.

Versi MIUI Global Stable

HomeScreen

Free ram

Performa Multitask OK

Fitur Security

fitur double tap to wake

BATERAI

Dari spesifikasi saja saya sudah yakin kalau baterai Redmi 4 Prime bakalan sangat awet. Dan hal itu terbukti ketika saya menggunakan ponsel ini sebagai daily driver. Lagi lagi ini terjadi karena penggunaan prosesor ngebut dan hemat daya yaitu snapdragon 625 dan baterai jumbo 4100 mAH. Dengan penggunaan standar saya yaitu : Koneksi 4G, sosmed semua di Lock di memory, Browsing, Youtub, GPS sedikit2 dan bermain2 dengan kamera, Redmi 4 Prime selalu tahan seharian penuh ( SOT Hingga 9 Jam hehe ) . bagaimana ketika ponsel digunakan jarang? Wah jangan tanya, waktu standby dari bateri 100% ke 40% bisa dapat 4 hari. Yup 4 Hari alias 96 jam. Hebat banget kan, mungkin  jika diteruskan standby bisa sampai seminggu lebih tanpa cas, dengan kondisi data 4G selalu ON. 2 jempol untuk ketahanan baterai Redmi 4 Prime ini.

SOT Baterai

Waktu Standby 4 hari

Usage batery

AUDIO

Dari keempat sektor yang saya sebutkan diatas seakan Redmi 4 Prime ini perfect bukan? Eits tunggu dulu. Pada akhirnya semua akan kembali pada prinsip “ Ada uang ada barang ”. Termasuk Redmi 4 Prime, pasti ada sektor yang dikurangi untuk menekan cost produksi. Dan tampaknya keputusan itu berlaku pada audio. Yup speaker redmi 4 prime menurut saya agak jelek, bahkan seakan ada penuruan kualitas speaker jika dibandingkan dengan Seri Redmi 3 dan saudaranya. Tapi itu sudah menjadi hal yang wajar mengingat banyak kelebihan disektor lain. Untungnya suara yang dihasilkan Redmi 4 Prime jika menggunakan headset masih terasa lumayan. Sehingga sektor audio yang kualitasnya asal ada menjadi termaafkan.

KAMERA

Pasti para pembaca sekalian penasaran dengan kualitas kamera redmi 4 prime. Namun saya sarankan jangan berharap berlebihan, karena semua selalu kembali pada prinsip “ada uang ada barang”. Meskipun beresolusi 13MP dan 5mp namun hasil kameranya tidak istimewa. Memang tidak jelek, tapi juga tidak bagus, jadi kualitas kameranya bisa kita sebut standar saja.

Untungnya software camera dari MIUI 8 memiliki mode yang lumayan lengkap sehingga membuat experience memotret tidak membosankan, diantara fitur dari kamera Redmi 4 Prime adalah

  • HDR
  • Mode Manual (hanya ada Setting exposure dan white balance)
  • Beautify
  • HHT
  • Panorama
  • Filter
  • Tilt Shift dll

fitur kamera

mode manual kamera

interface kamera

filter kamera

Untuk lebih jelasnya tentang hasil kamera biarkan gambar yang berbicara.

kamera belakang auto

Kamera belakang Auto HDR

Makro Outdoor

Makro + HDR Outdoor

Indoor lowlight Makro

kamera depan Outdoor (males selfie :D)

 

KESIMPULAN

Oke masuk ke kesimpulan dari review kali ini, Xiaomi Redmi 4 Prime bisa dibilang merupakan pilihan yang bagus diharga 2 jutaan. Baterai awet, layar bagus, performa prosesor gahar serta ram dan internal yang lega. Namun jika anda mengharapkan ponsel ini bisa bersaing dengan zenfone 3 (melihat spesifikasi prosesor , ram dan lain2 ) maka anda salah besar. Kualitas kamera dan Audio yang standar seakan menjadi penanda bahwa ponsel ini tetap Seri Redmi yang merupakan budget smartphone.

KELEBIHAN:

  • Dual sim
  • Desain Mewah dan Build Quality mantap (Solid)
  • Performa Mumpuni (stabil dan ngebut untuk pemakaian lama)
  • Baterai Sangat awet
  • RAM dan Internal lega
  • Fingerprint responsif dan cepat
  • Harga terjangkau 😀

KEKURANGAN:

  • Garansi Distributor (Kemungkinan akan datang yang resmi alias made in Indonesia)
  • Kualitas suara dari speakernya kurang
  • Kamera tidak istimewa
  • Bezel hitam pinggiran layar agak tebal

Demikian Review Xiaomi Redmi 4 Prime dari SixalSphere 😀 Bagaimana pendapat anda? Silahkan tuliskan di kolom komentar dibawah terima kasih. salam teknologi. 

One Response to Review Xiaomi Redmi 4 Prime Indonesia Performa Cepat dan Tahan Lama

  1. Rizky says:

    Cara menghilangkan iklannya gmn gan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *