Review Rekomendasi PC Build 5 jutaan, Duet Maut Kere Hore Intel G4560 & RX 460

Introduction

Intel G4560 Rakit Rx460
Karena kesibukan kuliah dan kerjaan yang datang silih berganti, rasanya udah sebulan penuh gak update sama sekali hehe. Kali ini ane akan ngreview dikit soal pc bujet 5 jutaan yang menurut ane best performance diharga segini. Misal dibandingin dengan laptop, pc punya value yang jauh lebih baik di segi performa, harga dan ketahanan. Jadi bisa dijadikan alternatif utama buat ente yang lagi bingung mau ngegame dengan budget 5 jutaan aja feat Intel G4560 & RX 460.
Sebelumnya alasan ane build pc ini karena kasian laptop ane yang tiap hari nyala 12 jam lebih yang menyebabkan sering ada kerusakan di hardware padahal umur laptop baru 1,5 taun, dan ane gak muluk-muluk mikir pc yang highend. Untuk target performa sih ane Cuma maen CS:GO, 3D modelling sama ngoding .NET dengan jangka waktu pemakaian kira-kira 2 taunan.


Spesifikasi

Prosessor

cpuz intel g4560

Disini ane pake salah satu prosessor keluaran akhir 2016 yang jadi legend di taun ini buat budget kere. Kalian bisa cek di cpu.userbenchmark.com pasti itu cpu no 1 buat value for performance. Performa prosessor ini setara dengan Intel Core I3 6100 skylake yang seharga 1,4 jutaan. Dan ane beli prosessor ini seharga 850 ribuan XD.

VGA
gpu z rx 460
dxdiag rx460

Salah satu komponen penting dari computer untuk gaming dan desain adalah vga. Ane memilih AMD Radeon RX460 2GB OC punya XFX dengan beberapa kondisi :
1. Harganya murah, 1,3jt udah dapet XD
2. Ane cuma pake monitor dengan resolusi 1440×900, 2GB dirasa udah mencukupi
3. Performa antara RX460 2GB dan 4GB dengan resolusi 1440×900 sangat tipis

Motherboard

Untuk motherboard, ane pake opsi termurah yang ada di toko dan tentunya support kabylake. Dan dapetnya sih Gigabyte HM110-DS2. Harganya kurang lebih 900 ribuan.

Memory

Memory yang ane pake Avexir Core Green 2x4GB DDR4 2400Mhz, cukup sayang sih motherboard ane Cuma support sampe 2133Mhz. Harganya sekitar 820ribuan.

Harddisk

Untuk menghemat budget, ane beli Seagate 1TB 7200rpm seharga 650ribuan yang saya rasa lumayan untuk sehari-hari. Gak selemot laptop 5200rpm hehe. Tapi karena udah kebiasaan pake ssd di laptop, awal-awal rasanya lemot banget buat buka aplikasi. Seiring berjalannya waktu jadi kebiasa kok. Tapi pasti ada niat 2 bulan kedepan upgrade SSD :D.

Casing & Fan
Ane sih suka yang minimalis, kayak Digital Alliance Quake C17 dan C18 seharga 390 ribuan, sebenernya prefer C17 tapi kondisi stok yang hitam kosong, jadi ane milih C18 hitam. Untuk fan, casing ini Cuma dilengkapi 1 fan, minimal tambahin 1 lah di belakang casing. Ane pake fan Xigmatek seharga 80 ribuan yang hembusan anginnya kenceng bener.

PSU

Psu disini agak terbatas pilihannya, ane jadi beli LEPA NX400 400Watt seharga 500 ribuan, lumayan bising ini psu kipasnya. Tapi worth kok diharganya. Sebelumnya udah ane simulasi dengan hardware diatas kondisi full load hanya menghabiskan 300Watt.
Total Harga : 5.6xx.xxx (tergantung daerah masing-masing)
Performa
Disini ane gak akan ngupload skor benchmark yang udah pasaran di internet, dan kebanyakan juga kurang mengerti soal skor benchmarking, jadi mending ane share opini pribadi dan beberapa tes yang ane jalani.
1. Suhu

Setelah 4 jam bermain game nonstop, suhu yang dihasilkan oleh kombinasi komponen diatas cukup dingin dengan kondisi disamping jendela terbuka tanpa AC. Lebih detailnya bisa dilihat di bawah

suhu rx460

2. Stabilitas

Dalam sekitar 20 hari pemakaian, ane belum pernah nemu kendala apapun yang menyebabkan pc melemah baik karena suhu maupun jam terbang. FYI udah ane sebutin diatas, rata-rata perhari pc ane nyala sekitar 12 jam lebih di jam kerja, di jam libur malah hamper 16 jam an hehe.

3. Performa Gaming
Gaming ane hanya nyoba 2 game yang bisa menjadi tolak ukur sebuah performa pc yakni GTA V dan CS:GO.
Untuk game GTA V menghasilkan fps minimum 45 dan rata-rata 60 dengan settingan rata-rata Very High, CSGO menghasilkan fps minimum 170 dan rata-rata 240fps.

Kesimpulan

Dari seluruh detail penjelasan diatas, dapat ane tarik kesimpulan diharga segini build ini sangat direkomendasikan baik dari sisi performa maupun harga. Jika dibandingkan dengan ASUS ROG GL552 skylake series seharga 14 jutaan, ini lebih kenceng dipakai menurut ane. Sekian dari ane, semoga bermanfaat. Silahkan share bagi yang pengen bantu menyebarkan ilmu ke sesama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *