Review Xiaomi Mi Note Indonesia, The Real Flagship Killer

Mi Note Indonesia

Mi Note Indonesia

Halo pembaca,  Minggu lalu saya sudah posting mengenai unboxing dari salah satu ponsel flagship xiaomi atau lebih tepatnya “mantan” flagship  yaitu Xiaomi Mi Note dan tak disangka antusiasme dari para pembaca sekalian ternyata diluar ekspektasi saya. Meskipun cuma Unboxing, tapi pembaca yang datang ke SixalSphere.com malah lebih banyak dari pada pembaca Postingan Review saya sebelumnya (Meizu m1 Note).  Kenapa bisa begitu? saya tak tahu :). Well, Tanpa basa basi lagi…  inilah :

Review Xiaomi Mi Note, The Real Flagship Killer

Agar lebih mudah saya akan membagi review ini menjadi beberapa bab yaitu desain, layar, kamera, baterai, performa, kesimpulan , kelebihan dan kekurangan. Perlu diketahui varian yg saya gunakan adalah versi ram 3gb dan internal 64gb. Berikut ini adalah spesifikasi dari Mi Note:

Spesifikasi Mi Note menurut GSM arena

Spesifikasi Mi Note menurut GSM arena

DESAIN

Desain dari smartphone ini terbilang cukup mewah, saya bisa langsung merasakan aura “flagship” begitu membuka box (unboxing) Xiaomi Mi note ini. Sekilas desainnya mengingatkan saya pada Xiaomi Mi 4 akan tetapi  dibuat dengan ukuran yang lebih besar dan lebih terasa mewah. Smartphone ini cukup tipis dan terdiri dari material kaca gorilla glass 3 dibagian belakang dan layar 2,5D glass didepan. Jadi anda bisa sedikit menghilangkan rasa khawatir akan ketahanan smartphone ini dari goresan. pada awalnya saya pesimis dengan Xiaomi Mi Note ini Untuk Penggunaan satu tangan, tapi ternyata setelah unboxing dan hands on, saya bisa merasakan bahwa lebar Mi Note dengan ukuran layar 5,7 inchnya ternyata hampir sama dengan lebar redmi Note 3G generasi pertama dulu, Hal ini disebabkan karena bezel yang cukup tipis, sehingga untuk penggunaan satu tangan masih memungkinkan. Apalagi MIUI menyediakan fitur One Handed Mode yang sangat berguna ketika kita harus mengoperasikan smartphone dengan satu tangan.

Perlu diketahui Xiaomi Mi Note juga memiliki varian lain yaitu bamboo  yang saat ini lagi booming karena stock banyak di toko online. Overall untuk desain saya beri nilai 9/10 untuk Xiaomi Mi Note ini.

Mi Note dari depan

Mi Note dari depan

Tampilan mi note dari belakang

Tampilan mi note dari belakang

LAYAR

Hal kedua yang pantas dibanggakan dari xiaomi mi note adalah layarnya, ya Layar berteknologi IPS dengan resolusi FULLHD ini terasa sangat bagus dan enak dipandang mata, walaupun kepadatan pixelnya masih berada dibawah 400 PPI saya jamin anda tak akan merasakan perbedaannya disbanding layar FULLHD yang ditawarkan hp lain dirange harga yang sama. Responsivitas layar juga patut diacungi jempol karena multitouch yang sampai 10 sentuhan. Untuk sector ini saya tidak memiliki keluhan sama sekali.

Performa layar mi note

Performa layar mi note

PERFORMA

Xiaomi Mi Note yg saya dapatkan out of the box masih menggukan rom distributor, yg kemudian saya flash ke rom officialnya, untuk tutorial flashnya akan saya Post di kesempatan selanjutnya . jadi pada saat prosess review ini Xiaomi Mi Note saya sudah menggukanan MIUI 8 Developer ROM versi terbaru.  Performa UI terasa lancar, multitasking juga aman terkendali berkat ram 3gbnya. Untuk gaming tidak saya coba karena saya bukan gamer. Hanya saja saya rasakan device cepat mengahangat ketika digunakan berinternet dengan kondisi sinyal yg kurang stabil, akan tetapi bila menggunakan WIFI / sinyal yg stabil device terasa lebih adem 😀 Overall performa dari Xiaomi Mi Note + MIUI 8 berbasis android MM 6.0 ini patut diacungi jempol, kurang lebih sama dengan performa UI Mi 4C atau redmi note 2. MIUI 8 memiliki segudang fitur mulai dari Battery saver, security, dual apps, second space, theme, dll yang tidak saya bahas lebih lanjut karena saya yakin sebagian besar pembaca pasti sudah mengerti. Akan tetapi Minusnya fitur double tap to wake menjadi salah satu hal yang saya sayangkan, karena saya tipe orang yang malas untuk menjangkau tombol power setiap akan menyalakan layar, apalagi untuk ukuran HH sebesar ini.

Untuk skor antutu tidak saya masukkan karena saya bukan penganut jamaah antutudiyah hehe 🙂 menurut saya percuma kalau antutu tinggi tapi performa real mengecewakan, mending antutu rendah tapi performa memuaskan 😀 tapi lebih lagi jika antutu tinggi dan performa juga memuaskan :v.

MIUI 8 Diatas android 6.0 Marshmallow

MIUI 8 Diatas android 6.0 Marshmallow

Free RAM Mi Note

Free RAM Mi Note

Homescreen MIUI 8

Homescreen MIUI 8

MIUI BAttery saver

MIUI BAttery saver

AUDIO

Untuk sektor audia, saya cukup puas dengan Mi Note, suara terasa cukup bagus untuk sebuah speaker ponsel, pun begitu dengan keluaran dari earphone, karena terdapat fitur Dirac HD (di MIUI bernama Mi Sound Enhancer) yg memungkinkan kualitas suara yg lebih baik asal earphone yg dipakai juga bagus. Saya test dengan earphone Mi Piston 2 Gold Original (panjang amat namanya 😀 ) hasilnya cukup bagus menurut telinga awam saya hehe.

BATERAI

Pada awalnya saya meragukan kemampuan baterainya karena clockspeed processor yang digunakan cukup kencang sampai 2,5 Ghz, akan tetapi selama penggunaan saya kurang lebih 2 minggu, saya merasakan performa baterai yang melebihi ekspetasi saya, Mi Note bisa bertahan dari pagi (full 100%) sampai saya pulang kerumah sore jam 5( dalam kondisi baterai 50 persen an) dengan SOT hampir 3 jam.. apabila digunakan sampai habis didapati SOT hampir 6 jam atau kadang bisa lebih.

Battery Usage

Battery Usage

Grafik Penggunaan

Grafik Penggunaan

SOT MI Note tembus hampir 6 jam

SOT MI Note tembus hampir 6 jam

KAMERA

Kamera merupakan salah satu kelebihan dari xiaomi Mi Note ini, kenapa? Karena sensor yang digunakan merupakan salah satu sensor buatan sony dipadukan dengan image processing dari snapdragon 801 membuat hasil gambar yang tajam, terang dan saturasi yang tinggi. Selain itu software camera dari MIUI 8 juga memiliki mode yang lengkap sehingga membuat experience memotret semakin menyenangkan, diantara fitur dari kamera mi note adalah:

  • HDR
  • Mode Manual
  • Beautify
  • HHT
  • Panorama
  • Tilt Shift dll
  • Fitur dikamera Mi Note

    Fitur dikamera Mi Note

    Interface kamera Mi Note ada mode manual

    Interface kamera Mi Note ada mode manual

Untuk lebih jelasnya mengenai hasil kamera bisa dicek di postingan berikut. Hasil kamera Xiaomi Mi Note

KESIMPULAN

Oke masuk ke kesimpulan dari review kali ini, Xiaomi Mi note bisa dibilang merupakan paket lengkap dan berkualitas di harga 1,9 – 2,5 juta. Desain mewah, Kamera juara (mengalahkan mi4i menurut saya), baterai awet, layar bagus dan performa gahar. Oleh karena itu saya memberi judul  Review Xiaomi Mi Note ini “The real flagship Killer”, yup.. karena saya benar benar merasakan performa dan kualitas Flagship diharga yang terbilang murah.  Akan tetapi ukuran layar yang terlalu besar untuk sebagian orang Serta hanya ada garansi distributor harus membuat kita berfikir dua kali ketika akan membeli.

KELEBIHAN:

  • Dual sim
  • Desain Mewah dan Build Quality juara (Solid)
  • Performa Mumpuni (stabil untuk pemakaian lama)
  • Baterai awet (hampir setara Redmi note 3pro)
  • Kamera terbaik (Lebih baik dari MI4i) karena ada OISnya
  • The real Flagship Killer

KEKURANGAN

  • Garansi Distributor
  • Ukuran layar cukup besar 5,7 inch (bagi sebagian orang mungkin terlalu besar)
  • Agak licin (karena menggunakan material kaca
  • Tidak ada slot micro SD

Untuk pembelian produk bisa anda cek di :

Demikian Review saya untuk Xiaomi Mi Note, apabila ada yang ingin ditanyakan bisa ditulis di kolom komentar dibawah atau mention saya di twitter @tengahwengi, jangan lupa pantengin terus SixalSphere.com untuk review2 selanjutnya.. Terimakasih dan Salam Teknologi.

14 Responses to Review Xiaomi Mi Note Indonesia, The Real Flagship Killer

  1. bahrani says:

    tutor dong untuk pindah ke miui 8 dari room distributor

  2. Hylmi says:

    Okee bro, next post yaa

  3. de nature says:

    pengen coba xiaomi

  4. evan says:

    saya juga punya blog amatiran http://www.gadgetsohib.wordpress.com
    Tolong dibaca dan bantu share yaa

  5. a says:

    bwt install cyanogenmod yg stable dah bisa blm nih?

  6. Rajab says:

    Sinyal 4G aman bro?

  7. Indyrwan says:

    Kalau nggak salah jenis layar yg digunakan bukan IPS, tapi JDI buatan sharp

  8. Mahendra says:

    Bro mau tanya nih. Apa semua varian mi note kameranya bersensor sony ? Kan kalo mi4 kan bejo2an tuh. Ada yg sony ada yg Samsung. Thanks. Btw nice review.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *