Review ZUK Z2 Indonesia , Flagship In Disguise

ZUK Z2 Indonesia Review

ZUK Z2 Indonesia Review

Review ZUK Z2 Indonesia, Flagship In Disguise

Halo pembaca, untuk post Review kali ini di SixalSphere.com, saya akan  mereview sebuah smartphone Buatan anak Perusahaan Lenovo yaitu ZUK Z2.. mungkin banyak dari para pembaca yang belum pernah mendengar nama brand yang satu ini, bisa dimaklumi, nama ZUK di tanah air memang tidak terlalu terkenal jika dibandingkan brand tiongkok lainnya. Hal ini terjadi Karena ZUK  memang brand yg tergolong baru di dunia smartphone, Ponsel yang dibuatpun baru sedikit, mungkin jika ingin dicarikan pembanding, ZUK ini kurang lebih 11 12 dengan brand Oneplus.

Namun, Berbeda dengan Oneplus yang dulu sempat sukses memasarkan produk pertamanya Oneplus One di Indonesia,  langkah ZUK untuk memasuki pasar Indonesia justru sempat terganjal dengan adanya kasus penyalahgunaan sertifikat dirjen postel, sehingga Ponsel pertamanya yaitu ZUK Z1 euforianya meredup dipasaran.

Kurang beruntung dengan ponsel pertamanya, Tahun ini ZUK kembali merilis ponsel flagship keduanya yg diberi nama ZUK Z2, berbekal spesifikasi kelas atas, body premium, fitur canggih dan harga murah ZUK Z2 langsung berhadapan dengan ponsel flagship dari brand asal tiongkok yang konsisten membuat produk price to performance, yaitu Xiaomi Mi 5. Kenapa saya hanya menyebut xiaomi mi 5? Kan masih banyak flagship dari brand tiongkok lain? Well mudah saja, karena harganya dikala review ini saya tulis sedang berada dilevel yang sama yaitu 3 jutaan, dan keduanya masih berstatus sebagai ponsel bergaransi distributor dipasar Indonesia.

Alasan kedua yang saya sebutkan diatas mungkin akan membuat para pembaca sixalsphere yang selalu mengutamakan aftersales sebagai syarat utama dalam membeli ponsel langsung mengernyitkan dahi. Hmm, yakin ? setelah anda melihat spesifikasi yang dibawanya anda pasti akan berpikir 2x untuk tidak jadi membeli ponsel ini, bagaimana tidak , berbekal:

  • Processor         : Snapdragon 820
  • RAM               : 4GB
  • Internal            : 64GB
  • Layar               : FullHD
  • Sensor             : Esensial Lengkap + fingerprint scanner
  • Kamera            : 13mp + 8mp
  • Baterai             : 3500 mAh
  • Support           : fast charging 3.0

Dibandrol dengan harga kurang lebih 3 juta saja, bahkan fans kelas berat Xiaomi yang masih bermimpi atau sudah terlanjur membeli Xiaomi Mi 5 pasti akan kaget dan mungkin mulai berfikir bahwa xiaomi Mi5 overprice, hehe  J

Okee tanpa basa basi lagi inilah

Review Ponsel ZUK Z2 , Flagship in Disguise

Seperti biasa saya akan menjelaskan maksud dari flagship in Disguise diakhir review, kita mulai dari:

Desain

img_20161120_124042-small

ZUK Z2 Body samping

img_20161120_124025-small

ZUK Z2 Body Belakang

img_20161120_124009-small

ZUK Z2 Tampilang belakang

Solid, Mewah dan Menawan, mungkin3 kata itu yang cocok untuk mengambarkan tampilan fisik ZUK Z2. Berbekal body belakang yg terbuat dari Kaca membuat tampilan ponsel ini terlihat tidak murahan. Tombol Power dan Volume Terletak disisi kanan ponsel sehingga enak untuk dijangkau. Desain yang mengkotak dan cenderung bersih (tidak banyak aksesori) di sisinya membuat ZUK Z2 bisa berdiri tegak diatas meja hehe :).

akan tetapi, kemewahan itu harus dibayar dengan munculnya masalah lain, yaitu bekas sidik jari yang terlihat di kaca belakang dan Tingkat kelicinan ponsel yang mencapai 80% ketika dipegang. Overall, jika 2 kekurangan tadi dikesampingkan,  menurut saya ZUK Z2 ini adalah salah satu ponsel yang bisa menyaingi Xiaomi Mi5 di sektor desain dan Build Quality.

LAYAR
Layar ZUK Z2

Hal kedua yang pantas dibanggakan dari ZUK Z2 adalah layarnya, ya Layar berteknologi IPS dengan resolusi FULLHD ini terasa sangat bagus dan enak dipandang mata, dengan kepadatan pixel diatas 400 PPI saya jamin anda tak akan menemukan keluhan di sector layarnya, Ukuran layar yang mungil (5,2 Inch) menurut saya paling pas untuk sebuah ponsel. Responsivitas layar juga patut diacungi jempol karena multitouch yang sampai 10 sentuhan.

PERFORMA

Tidak dapat dipungkiri salah satu faktor  yang membuat saya “khilaf” untuk mengambil ponsel ini adalah price to performance , bagaimana tidak,   Snapdragon 820 RAM 4 GB Internal 64GB, Layar FHD, Body Metal dan Kaca, Fingerprint scanner diharga 3 jutaan saja, apalagi coba yang kurang?. Hampir tidak ada.

Dengan hardware seganas ini, performa yang diberikan ZUK Z2 benar benar memuaskan saya, Semua tugas, multitask, dan animasi berjalan smooth dan cepat layaknya ponsel flagship. Ditambah lagi dengan UI unik milik ZUK yang diberi nama ZUI, yang sedikit banyak mengingatkan saya pada UI milik Flyme OS pada Meizu M1 Note yang pernah saya review sebelumnya. Menambah kepuasan saya dalam hal user experience

Tidak ada nya tombol back dan multitask bukan menjadi masalah dengan dihadirkannya fitur  U Touch.  Apa itu U Touch? Begini penjelasan simpelnya:

  • Cukup Sentuh tombol Home agak lama untuk memunculkan menu recent app
  • Swipe ke kanan dan kiri pada tombol home untuk berpindah antar aplikasi
  • Sentuh biasa tombol home untuk menu back,
  • Semua fitur diatas bisa diatur sesuai keinginan

    u-touch ZUK Z2

    Menu Setting U Touch

Benar2 memanjakan pengguna. Lalu apa kekurangan dari UI ini? Mungkin hanya pada ketidakhadiran fitur double tap to wake dan gesture

Namun tetap saja hal itu termaafkan dengan adanya fitur fingerprint yang sangat cepat dan akurat, cukup sentuh sedikit tombol home dari ponsel keadaan padam maka anda akan langsung masuk ke home, hal ini membuat tombol power praktis menjadi tidak berguna.

screenshot_2016-11-20-11-18-14-422838554-small

Menu Multitasking

screenshot_2016-11-20-11-18-05-306205526-small

Tampilan dialer

screenshot_2016-11-20-11-15-47-782419212-small

About Phone ZUK Z2

screenshot_2016-11-20-11-21-17-178971804-small

Tampilan apps optimizer layaknya di Android lain

screenshot_2016-11-19-18-37-49-1157522986-small

Sisa Storage

screenshot_2016-11-20-11-18-36-780394153-small

Tampilan Homescreen ZUK Z2

 AUDIO

Untuk sector audio, saya cukup puas dengan ZUK Z2 suara yg dikeluarkan melalui headset Xiaomi Piston 2 Gold saya cukup bagus, bass terasa empuk dan trebel terdengar jelas, akan tetapi hal tersebut tidak berlaku untuk speaker. Menurut saya, Suara yg dihasilkan dari Speaker ZUk Z2 cenderung lebih pelan jika dibandingkan dengan ponsel lainnya ( Mi Note, Redmi 3 Prime dan Redmi 3s Pro yg saya gunakan sebagai perbandingan).

Speaker ZUK Z2

Speaker dan Audio Jack ZUK Z2

KAMERA

Untuk sector ini saya cukup puas dengan ZUK Z2 , Detail gambar cukup tajam dan terang dikondisi yang banyak cahaya, gambar yg diambil selalu memiliki saturasi yang normal (tampak seperti aslinya). Hal ini membuat saya yang terbiasa dengan hasil kamera bersaturasi gonjreng 😀 menjadi agak kecewa, tapi tak apa ini cuma masalah selera 🙂 . Di kondisi lowlight gambarnya cenderung gelap dan pucat. Nampaknya sensor yang ada dikamera ZUK Z2 ini kurang mampu menangkap cahaya di Kondisi gelap, sayang sekali disektor kamera ini ZUK Z2 harus mengakui kalau Xiaomi MI5 lebih unggul

img_20161120_111457

Hasil kamera ZUK Z2

img_20161120_111520

Kamera ZUK Z2 Objek Mouse gaming

img_20161120_114319

Objek Token BNI

img_20161120_114345

Objek MI Note Bamboo 😀

img_20161120_114354

Mi Note bamboo dan meja cocok sekali

Hasil kamera ZUK Z2

Redmi 3 pro next review

Untuk kamera depan tidak saya beri sampel karena saya kurang suka narsis 😀 tapi menurut saya hasil kamera 8Mpnya cukup memuaskan dikondisi banyak cahaya

BATERAI

Untuk sector ini satu kata dari saya: PUAS

Pemakaian dari pagi (full) bisa bertahan sampai sore tanpa hambatan, Dengan SOT (Screen On time) 8 jam lebih untuk pemakaian normal dan SOT 5 jam untuk gaming . (mohon maaf SS SOT Baterai yg 8 jam terhapus dan Hp ZUK nya keburu terjual, tapi percayalah, penggunaan normal saya HP ini bisa mencapai SOT 8  jam lebih hehe 🙂

SOT ZUK Z2 pemakaian Gaming

SOT ZUK Z2 pemakaian Gaming

Menu Batery Saver

Tampilan Menu battery saver

oke sekarang kita sampai di bagian akhir dari review ini, ZUK Z2 ini merupakan sebuah ponsel yang menawarkan spesifikasi, desain, build quality dan performa flagship diharga yang masih cukup terjangkau (mid end). Oleh karena itu saya memberi judul Review  ZUK Z2, “Flagship in Disguise”, yang artinya Ponsel Flagship yang sedang menyamar.

Berikut kelebihan dan kekurangan dari Ponsel ZUK Z2 menurut opini pribadi saya:

KELEBIHAN:

  • Spesifikasi juara bahkan mengalahkan xiaomi mi 5 diharga yang sama
  • Dual sim
  • Desain Mewah dan Build Quality juara (Solid)
  • Performa Mumpuni (stabil untuk pemakaian lama)
  • Baterai awet

KEKURANGAN

  • Garansi distributor
  • Tidak ada slot microSD (termaafkan karena internal yg lega)
  • Ponsel cenderung hangat setelah penggunaan agak lama
  • Kamera biasa saja di level harganya, terutama di kondisi lowlight
  • Speaker ponsel kurang lantang

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *