Tips Trik Mengatasi Windows Lemot

Sistem Operasi windows, adalah os yang paling banyak digunakan masyarakat di Indonesia. Mungkin karena udah terbiasa dari jaman jadul sampe sekarang tetep pake windows hehe meskipun “kebanyakan” windowsnya bajakan sih :p. Nah buat yang windowsnya mulai lemot, not responding bahkan sampai freeze gak karuan padahal hardware sudah mumpuni untuk menjalankan windows versi tersebut.  Nah ane disini akan sedikit sharing gimana sih ngatasin windows lemot.

windwos 10

Pertama-tama kita identifikasi dulu, masalah terletak di software atau hardware. Beberapa hal yang kita cek adalah :

  1. Apakah hardware sudah mencukupi untuk menjalankan windows 7/8/10?
    Rata-rata sih spek yang diminta oleh windows tidak terlalu besar, berikut spesifikasi minimum yang diperlukan :

    Processor: 1 gigahertz (GHz) or faster
    RAM: 1 gigabyte (GB) (32-bit) or 2 GB (64-bit)
    Hard disk space: 16 GB (32-bit) or 20 GB (64-bit)
    Graphics card: Microsoft DirectX 9 graphics device with WDDM driver

  2. Kemudian cek kecepatan harddisk, apakah masih normal atau tidak. Coba dengan mengcopy file ke hardisk lain dan lihat apakah kecepatannya stabil/tidak dan minimum kira-kira 4mb/s.
  3. Jika kedua hal tersebut sudah anda lakukan, dapat dipastikan masalah terletak pada aplikasi/software yang terinstall pada sistem.

Lantas gimana sih caranya biar gak kejadian windows lemot lagi?? Nah disini ane akan menunjukkan hasil pengalaman ane selama menjadi pengguna windows 7 taun terakhir dan teknisi rumahan  :p

  1. Pastikan apakah ada virus yang bersarang di komputer agan, virus sangat berpengaruh ke kecepatan kinerja komputer/laptop yang agan miliki. Ane ada tutorial menghilangkan virus tanpa install ulang dengan boot-scan yang biasa digunakan untuk teknisi komputer yang ane akan update beberapa hari kedepan. Dengan tutorial ini dapat dipastikan komputer/laptop anda sembuh dari virus tanpa harus berobat ke servisan terdekat :p
  2. Lakukan pengecekan aplikasi lain, apakah syarat minimum spesifikasi sudah dipenuhi. Jangan memaksa ketika anda memiliki ram 1 gb kemudian buka aplikasi AutoCad, Adobe Illustrator bahkan Dota 2 :p.  Dapat dipastikan komputer agan akan freeze atau tersendat-sendat.
  3. Lakukan disk defragment secara berkala. Hal ini membantu sistem operasi untuk menata file yang terletak pada harddisk sehingga lebih cepat diakses.
  4. Matikan efek visual bawaan windows, yang ini lumayan berat gan dan kalo agan disable bisa langsung ngacir komputer agan hahaha.
  5. Lakukan pembersihan cache,temporary file dan registry menggunakan tools pembantu yakni CCleaner. Nanti ane update gan.
  6. Gunakan antivirus yang sesuai dengan spek pc agan, biasanya antivirus malah dapat membebani kinerja sistem ketika hardware tergolong rendah. Nanti ane update artikelnya.
  7. Matikan beberapa fitur bawaan service windows yakni windows update dan search.

Nah mudah kan, tanpa harus ke reparasi pc agan udah dapat memperbaiki pc sendiri yang udah mulai lemot/ngadat. Sekian tutorial dari ane mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *