Cara Cek/Test Hardware Xiaomi dan Penjelasannya

Xiaomi adalah salah satu smartphone yang sangat laris di pasaran. Namun kebanyakan ponsel xiaomi tidak masuk ke indonesia melalui distributor resmi. Sehingga hanya beberapa tipe saja yang bergaransi resmi. Tentunya sebagai konsumen yang membeli barang non-resmi, agan harus lebih teliti dalam melakukan pengecekan unit smartphone saat pembelian. Karena ketika ada cacat produk, belum tentu pihak penjualen dapat langsung melakukan klaim garansi.

Salah satu fitur yang disematkan oleh produsen android adalah dengan memberikan fungsi untuk melakukan testing hardware dan software yang meliputi perangkat input output, layar, kamera dan seluruh sensor yang ada dalam smartphone. Nah berikut adalah cara untuk melakukan testing pada smartphone xiaomi yang bekerja pada xiaomi redmi, redmi note, mi series dll dengan sistem operasi miui.

Cara 1 :

Masuk ke dialler, tekan *#*#64663#*#* lalu tekan tombol telepon.

jika cara ini tidak berhasil, lanjut ke bawah

Cara 2 :

Masuk ke Settings, kemudian pilih about device.
Ketuk pada tulisan kernel version sampai keluar engineering mode.

kedua cara diatas akan menampilkan menu engineering yang sama seperti berikut

xiaomi hardware test

Selanjutnya saya sarankan untuk melakukan single test (bukan automatic test) karena agan akan lebih mudah untuk melakukan testing tiap komponen hardware.

xiaomi hardware test

Jika anda ingin melihat cara mengetest hardware smartphone yang lain :

1. Cara test hardware samsung

14 Responses to Cara Cek/Test Hardware Xiaomi dan Penjelasannya

  1. Desi says:

    Maaf mau tanya,sy beli xiaomi s 3 pro dg ram 3,tp setelah sebulan pemakaian ketika sedang baca wa,dan buka wa yg lain lagi tiba2 layar berubah jadi kotak2 dan warna pecah,dan pernah jg ketika di rotasi saat buka2 gambar transisi lama dan layar jd blank hitam selama beberapa detik,dan sekarang setelah mau bln ke 3 malah rotaai nya error kadang dia konek kadang tidak,padahal settingan rotasi aktif,dan sebelumnya saya tanya pihak penjual ktnya kondisi tidak apa2,berhubung errornya kadang muncul kadang tidak sy bingung jg u minta di cek ulang,tp lbh menyesakan lg malah dia meminta u diberi pelindung aja spy klo terjadi sesuatu,nggak ada lecet dan klo lecet sedikit aja,garansi batal,emang xiomi seperti itu ya?klo boleh minta sarannya,berhub kartu garansinya nggak jelas?aturannya seperti apa,mohon sarannya,makasih(maaf klo panjang)

  2. Fauzi Putra says:

    Permisi gan, ane mau nanya sy beli hp Xiaomi Redmi Note 4 snapdragon waktu bulan 6 kemarin pas bulan ini suaranya non aktif yak di semua aplikasi suara ane ga keluar dan suara ane rekam ga adapun keluar sangat beda dari bulan sebelumnya. Kira kira itu kenapa ya gan. Terima kasih 🙂

  3. Admin says:

    Coba di flash rom, sekarang posisi rom apa? Habis diapain hpnya.. Kalo diflash tetep ga bisa, mungkin mic + speaker kena

  4. Berkahpahlevi says:

    Saya habis ngecek hardware test lalu ga sengaja kepencet matikan ulang tombolnya ketekan sama adik saya apakah itu berbahaya gan?

  5. Berkahpahlevi says:

    Oiya sebelumnya saya pake xiaomi redmi note 4x gan apakah itu berbahaya?

  6. adi says:

    Gan mau tanya klo touch panel setelah dicek ga penuh semua ada2 garis yg tidak berwarna itu pa tandanya???? Apakah mslh pafa layarnya??? Terima kasih.

  7. Muflih alfath says:

    Gan mau tanya hp ane xiaumi redmi 4x terus ga bisa ngirim pesan suara terus nge rekam suara suaranya ga keluar tapi kalau ngedengerin lagu bisa, kenapa ya gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *