Cara Membuat Game Android Menggunakan Construct 2

Membuat game android sendiri merupakan kepuasan tersendiri bagi para user, secara tidak langsung kita bisa merasakan bagaimana menjadi seorang developer di suatu start up. Contoh nya saja dalam sebuah game yang sederhana Pac-Man, Flappy Bird, dan lain-lain. Bagi para pemula, impian tersebut untuk membuat game sendiri bukan menjadi hayalan belaka. Kini dengan adanya Construct 2 kalian sebagai user android khususnya dapat membuat game itu sendiri dengan keperluan kalian masing-masing, berikut caranya.

Perlu diingat, pada artikel ini sixalsphere belum memberikan bagaimana cara menggunakan Construct 2, hanya sebatas memberikan pengenalan apa itu construct 2 dan peralatan apa saja yang diperlukan nantinya. Pertama, kita harus mencari download dari software tersebut. Construct 2 merupakan produk dari scirra, jadi cukup bagi kita menuliskan kata kunci untuk mencari file download di google atau cukup klik link berikut. Sekarang scirra telah memunculkan construct 3, tapi bagi pemula ada baiknya menggunakan construct 2.

Tampilan yang ditawarkan dari construct sangat unik dan lucu, dalam software tersebut telah disediakan berbagai contoh game yang bisa kita gunakan untuk mencoba permainan dari construct. Gambar 1 akan menjelaskan bagaimana tampilan tersebut.

Gambar 1. Tampilan Awal Construct 2

Dalam tampilan awal, disediakan beberapa menu yang bisa kita pilih. Apakah kita ingin membuat baru ataukah kita ingin mempelajari game yang sudah menjadi project example dari construct, semua tergantung kalian para user. Tetapi bagi kalian yang masih pemula dan baru mengenal software tersebut disarankan untuk membuka contoh permainan yang tersedia dan mempelajari tahapan dalam memprogram nya.

Hanya sekedar informasi, cara menggunakan software tersebut tidak lah susah. Kita hanya menggunakan keahlian drag and drop saja, karena semua perintah yang terdapat pada construct telah disediakan langsung pada user interface pada software nya dan kita bebas ingin membuat tampilan dari permainan yang kita buat, semuanya terdapat pada menu software construct.

Sebagai contoh, sixalsphere pernah membuat suatu permainan dengan tema arcade seperti game legend mario bross, game nya dinamakan “SAVE US” karena memiliki tema untuk menyelamatkan diri seorang dari bahaya racun-racun dan kita sebagai user diharuskan mengambil vitamin dan buah-buahan agar aktor dalam game tetap hidup. Tampilan game nya dapat dilihat dalam Gambar 2.

Gambar 2. Tampilan Game Save Us

Bila kalian telah selesai dalam memprogram di software construct 2 kalian akan berpikir bagaimana caranya untuk export ke dalam bentuk .apk seperti format untuk android, bila kita cari disebagian artikel rujukan, kebanyakan dari artikel tersebut menyarankan untuk menggunakan cocoon. Tetapi setelah sixalsphere coba cara tersebut masih terbilang rumit dan tidak efisien. Setelah mencari dan membaca dibeberapa artikel rujukan, akhirnya sixalsphere menemukan tool untuk mengkonversi menjadi .apk dengan menggunakan software web 2 apk. Tampilan nya ada pada Gambar 3 berikut

Gambar 3. Tampilan Software Web2Apk

Nah, semua persiapan dalam perang untuk membuat game android sendiri telah disiapkan semua. Tahapan selanjutnya adalah bagaimana kalian membuat game kalian sendiri menjadi bagus dan gunakan kreatifitas kalian masing-masing. Sebagai bonus untuk tahap pembelajaran, sixalsphere berbaik hati untuk memberikan file mentahan dari game Save Us, berbentuk dalam Google Drive penulis dengan ukuran yang lumayan besar 130MB sudah termasuk contoh game dalam bentuk .apk dan assets untuk construct. Silahkan direct ke link berikut.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian pembaca setia sixalsphere. Salam

Untuk referensi bisa merujuk ke sini langsung ya Fakhrezy.com terdapat beberapa artikel lanjutan untuk pembuatan aplikasi android.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *