Cara Melakukan “Hard Reset” Pada HP Xiaomi

Hampir setiap penduduk Indonesia memiliki handphone, terlebih HP yang mereka miliki adalah Xiaomi. Ya, Xiaomi memang sangat akrab bagi pasar di Indonesia dikarenakan fitur yang ditawarkan sangatlah tinggi, mulai dari spesifikasi dan harga yang sangat bersahabat. Tetapi, bagi sebagian user pendatang baru dengan HP Xiaomi yang baru beli 2nd atau second, harus meneliti beberapa hal. Salah satunya memastikan HP Xiaomi tersebut berada dalam kondisi baru lagi, atau setelan pabrik. Sayangnya, sebagian user tidak mengerti bahwa HP Xiaomi memiliki ID yang harus dibuang setelah berpindah tangan user dengan maksud untuk menjaga privacy.

Pada artikel berikut ini, sixalsphere akan memberikan tutorial sederhana bagaimana cara melakukan hard reset pada HP Xiaomi yang baru dibeli dalam kondisi 2nd second, atau bila terjadi error cara ini dapat digunakan.

Sebelum Melakukan Hard Reset 

  • Memastikan kondisi HP Xiaomi kita dalam kondisi baik, dari baterai yang terisi setidaknya 50% untuk jaga-jaga dalam proses booting
  • Pastikan akun media sosial seperti instagram, facebook, Line, dll berada dalam kondisi aman. Dalam arti kalian tidak lupa password bila terlanjur Log in sebelum dilakukan hard reset.
  • Proses hard reset akan dipastikan menghilangkan semua data yang ada di HP Xiaomi, pastikan semuanya telah ter back up dengan aman.

Setelah kita memastikan semuanya aman, langkah-langkah yang harus dilakukan untuk hard reset adalah sebagai berikut.

 

Gambar 1. Ilustrasi Hard Reset (Sumber: TapsGadget)

Proses Hard Reset

  • Masuk ke dalam menu pengaturan HP Xiaomi kita masing-masing
  • Scroll down sampai menemukan “setting tambahan” atau “Additional Setting”
  • Scroll down kembali sampai menemukan “Factory Data Reset” atau “Kembalikan Pada Setting Pabrik”
  • Lalu pilih “All file on the phone”
  • Tunggu proses hard reset sampai selesai

Beberapa step diatas merupakan cara untuk melakukan hard reset pada HP Xiaomi kita masing-masing. Hard reset bagus dilakukan bila HP Xiaomi kita dirasa mengalami kendala atau error secara tiba-tiba, atau HP Xiaomi yang kita beli dalam kondisi 2nd second yang harus dibersihkan ulang untuk kita sebagai user baru HP Xiaomi tersebut.

Perlu diingat, cara hard reset seperti ini dapat dilakukan untuk semua tipe HP Xiaomi yang ada, jadi tidak dikhususkan untuk salah satu tipe HP Xiaomi saja. Semoga artikel tutorial sederhana dari sixalsphere kali ini dapat bermanfaat, bila ada yang perlu didiskusikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *