Kamera Xiaomi Tidak Bisa Fokus, Beriku Cara Memperbaikinya

Sebagai user xiaomi, kalian wajib mengetahui permasalahan mendasar yang terkadang dialami oleh gadget kalian. Khususnya pada kamera xiaomi yang terkadang tidak bisa focus atau autofocus, jadi saat kita ingin menangkap gambar dari kamera gadget kita, hasil yang didapat seperti kamera-kamera gadget lama yang tidak bisa focus. Nah, pada kesempatan ini sixalsphere akan mengulas permasalahan yang terjadi pada kamera gadget kalian.

  1. Kamera tidak bisa focus dikarenakan gadget kita sering terjatuh/terbanting pada benda kasar
  2. Error yang terjadi pada software kamera gadget
  3. Modul kamera sudah rusak

Permasalahan yang sering terjadi adalah pada point yang pertama, tanpa disadari terkadang kita sering cuek terhadap gadget kita sendiri dan terjatuh berkali-kali, dalam kondisi ini body dari gadget kita mungkin masih terlihat kokoh, tidak ada lecet ataupun retak pada layar gadget kita. Tetapi, di dalam satu kondisi terjadi pergeseran atau gerakan yang terdapat di dalam komponen gadget, hal ini menyebabkan sambungan atau konektor , atau modul kamera menjadi bergerak. Akibat yang dirasakan adalah kamera gadget kita mengalami gagal focus, atau tidak bisa autofokus.

Tenang, tidak perlu buru-buru untuk membawa ke tempat service. Tulisan sixalsphere berikut akan menjelaskan bagaimana cara kita sebagai pengguna dapat memperbaiki secara manual permasalahan yang ada di gadget masing-masing.

Gambar 1. Kamera Xiaomi Tidak Fokus

Tahapan yang harus disiapkan sebelum memasuki bongkar hardware smartphone kalian, kita harus memastikan bahwa software yang ada pada gadget baik-baik saja. Cara nya sebagai berikut.

  1. Masuk pada menu setting lalu pilih “about phone”. Tekan sampai memasuki menu QC test
  2. Langkah kedua adalah kita dapat memeriksa error sensor device dengan mengakses serial number atau dial number ke “*#*#64663#*#* untuk memasuki QC test.
  3. Atau langkah ketiga bila masih gagal memasuki menu QC test, kita dapat download aplikasi “sensor box” melalui Play Store

Bila tidak terjadi apa-apa pada sensor atau pada software smartphone xiaomi kita dan apabila memang menemui kendala pada software gadget ada baiknya kita langsung melakukan flashing ROM sesuai dengan tipe gadget xiaomi masing-masing, tahapan selanjutnya adalah kita diharuskan membongkar kamera gadget xiaomi. Pada tahapan ini, bila kalian masih dirasa awam dalam bongkar pasang atau belum terbiasa dalam service gadget sendiri, disarankan untuk meminta bantuan teman yang bisa.

Peralatan yang dibutuhkan seperti biasa, kita hanya membutuhkan set tool dari obeng, setelah peralatan tempur sudah siap.Maka langsung saja kita bongkar dan langsung merujuk pada kamera gadget. Yang perlu dilakukan hanyalah menggoyangkan sedikit atau menyentuh sambal digerakkan sedikit kamera xiaomi pada gadget. Setelah dilakukan, maka ada baiknya langsung dicoba apakah berhasil atau tidak.

Bila menemui kesulitan, sebagai bahan rujukan untuk belajar membongkar dan bagaimana cara melakukan nya dapat melihat video youtube berikut.

Apabila masih menemui kendala dan masih tidak bisa focus, permasalahan yang pasti terjadi adalah modul kamera xiaomi pada gadget kita mengalami kerusakan. Opsi nya adalah membeli modul kamera sesuai tipe gadget xiaomi kita masing-masing atau membawa langsung ke service center untuk menghindari kerusakan yang lebih berlanjut.

Semoga artikel ini dapat membantu, bila ada yang ditanyakan dapat langsung berkomentar pada kolom komentar. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *