Mengatasi Layar Gadget “Loncat-loncat” Pada Iphone 6

Permasalahan yang terjadi pada gadget pribadi tidak jauh jauh dari permasalahan teknis, hal ini biasanya sangat mengganggu pemakaian kita sehari-hari. Sebut saja pada saat kita lagi ada kebutuhan penting, tiba-tiba gadget yang kita pakai mengalami lag atau terhenti sejenak karena tidak bisa menjalankan multitasking dengan baik, atau bisa jadi aplikasi yang digunakan mengalami crash. Tidak hanya itu saja, terkadang permasalahan kamera gadget yang kita gunakan tidak bisa fokus, ataupun permasalahan layar gadget kita “loncat-loncat” seperti kita ingin menekan huruf “Q” yang keluar malah “W” atau loncat-loncat seperti kita tidak menekan tombol tertentu tetapi gadget kita telah membuka dan terus menerus membuka tutup, justru hal ini sangat mengganggu bukan? Tidak perlu khawatir, sixalsphere akan membagi beberapa tips jitu berdasarkan pengalaman pribadi, berikut ulasan nya.

Bila kita menemui permasalahan tersebut, kita diusahakan jangan terburu-buru untuk membawanya ke tempat service. Bila sudah tidak bisa diperbaiki dan mempunyai cukup uang untuk membawa ke tukang service tidak menjadi masalah. Permasalahan tersebut timbul akibat penggunaan lalai dari user. Penyebab utamanya yaitu:

  • Terbanting secara terus-menerus
  • Tertindih
  • Atau penyebab lain nya.

Sebelum kita merujuk ke arah hardware, ada baiknya kita kroscek pada bagian software terbelih dahulu, dan cara-cara yang bisa kita gunakan adalah sebagai berikut:

  • Melakukan restart pada Iphone
  • Melakukan hard reset pada Iphone dengan cara menekan tombol power dan tombol home button secara bersamaan sekitar 10 detik.
  • Melakukan pengaturan 3D touch dengan masuk ke menu setting, atur untuk 3D semula.
  • Melakukan reset atau mengembalikan pada setting pabrik.

Apabila semua tahapan tersebut masih belum bisa memperbaiki layar Iphone kita, maka tahapan terakhir yang harus kita gunakan adalah membongkar sendiri Iphone kita. Untuk langkah-langkah dalam membuka Iphone sama seperti gadget pada umumnya, yaitu dengan menyiapkan Tool Set. Bila mengalami kebingungan dalam membongkar dapat melihat panduan Youtube dibawah.

Setelah berhasil membongkar gadget kita, maka tahapan yang perlu diperhatikan langsung terletak pada koneksi layar Iphone kita masing-masing, apakah ada sambungan atau konektor antar layar ke mesin Iphone terlepas atau tidak.  Dapat dilihat pada gambar 1 dibawah ini.

Gambar 1. Komponen Dalam Iphone

Cara membongkar Iphone terdapat jelas pada video yang sudah diberikan, nah pada tahapan ini kita diharuskan untuk melepas sambungan tersebut dari layar gadget kemudian kita menyambungkan ulang atau mengkoneksikan kembali. Lihat apakah baut pada layar Iphone masih lengkap atau terdapat baut yang terlepas, bila ada segera melengkapi.

Terakhir, bila layar Iphone kita masih tidak stabil atau loncat-loncat. Ada baiknya kita membeli spare part dari tipe Iphone yang kita punya dan lakukan service secara pribadi dengan mengikuti tahapan yang telah dijelaskan.

Semoga artikel berikut dapat bermanfaat bagi pembaca khususnya pengguna Apple yang menemui permasalahan yang sama, bila ada bahan yang perlu didiskusikan dapat langsung meninggalkan pertanyaan di kolom komentar. Terimakasih –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *