Daftar Vendor Smartphone Internasional yang sudah penuhi TKDN

Merk Ponsel Internasional yang punya pabrik di Indonesia. 

TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri)  memang sudah menjadi momok yang mengerikan bagi produsen ponsel 4g luar negeri yang ingin berjualan di Indonesia. Pasalnya aturan tersebut mengharuskan setiap pabrikan ponsel agar memasukkan/ melibatkan unsur local dalam proses pembuatannya. Akhirnya banyak pabrikan ponsel luar negeri yang memilih mengurungkan niatnya untuk berjualan di Indonesia, namun ada juga yang tetap nekat berjualan ponsel 4G dengan cara mengakali TKDN, misalnya. Mendaftarkan ponsel 4g nya ke DIRJEN POSTEL sebelum aturan TKDN diberlakukan atau Mengunci kemampuan 4G dari Ponsel buatannya dan diluncurkan secara resmi dalam bentuk ponsel 3G , kemudian secara diam diam mereka membocorkan cara unlock 4gnya entah melalui forum online atau komunitas penggemarnya.

Namun, tujuan sesungguhnya dari aturan TKDN ini adalah baik, yaitu agar bangsa kita tidak hanya digunakan sebagai tujuan market saja, namun juga mendapatkan manfaat dari perkembangan industry ponsel itu sendiri, misalnya dengan munculnya lapangan pekerjaan baru, kecipratan alih teknologi, penambahan pemasukan pajak dll. Tapi dibalik suramnya keadaan pasar ponsel 4g akibat TKDN, ada beberapa pabrikan smartphone yang memilih mentaati aturan TKDN secara penuh, misalnya dengan membangun pabrik di Indonesia. Sehingga mereka dengan leluasa bisa berjualan ponsel 4g tanpa perlu kucing kucingan dengan pemerintah. Nah, apa saja pabrikan ponsel tersebut? Berikut sixalsphere.com merangkumnya secara mudah untuk anda.

  1. Lenovo
1321596lenovo-pabrik780x390

Pabrik Lenovo

Pabrikan ponsel asal tiongkok yaitu Lenovo telah secara resmi mengoprasikan pabriknya di Indonesia, mereka bekerja sama dengan PT Tri Dharma Kencana (TDK) untuk menjalan pabrik ponsel yang berlokasi di Serang, Banten tersebut.

Pabrik seluas 1500 meter persegi itu memiliki tiga jalur produksi untuk proses perakitan ponsel 4G Lenovo. Dengan kapasitas Produksi sekitar 50.000 unit ponsel perbulan. Lenovo optimis bisa menjadikan Indonesia salah satu pasar utamanya.

  1. Huawei
huawei sidoarjo

huawei sidoarjo

Baru baru ini Huawei mengumumkan pencapaian produksi ponsel 4G mereka di Indonesia, yaitu 1 juta unit. Mereka bekerja sama dengan PT Panggung Electronic Citrabuana yang berada di Sidoarjo Jawa Timur. Acara perayaan pencapaian tersebut dihadiri oleh petinggi Huawei Internasioanl yaitu Peter Tong.

Pabrik ini sendiri berlokasi di antara Pintu Tol Waru dan Bandara Internasional Juanda. Kerja sama dengan Huawei ini sebenarnya sudah sejak tahun 2013, namun mereka baru mulai memproduksi ponsel 4G pada tahum 2015 kemarin. Pabrik ini terhitung lebih besar dari pada parbik milik Lenovo karena memiliki 6 lini produski dengan kapasitas produksi mencapai 2,8 juta unit ponsel pertahun.

  1. Oppo
Pabrik Oppo

Pabrik Oppo

Kami yakin anda pasti sudah tidak asing dengan merk Ponsel ini. Karena mereka sangat gencar mempromosikan produknya baik di mall kota kota besar sampai agen penjualan ponsel (konter) di desa atau pinggiran kota. Tak hanya gencar berjualan ponsel, mereka tampaknya juga berusaha mematuhi aturan TKDN, hal in tampak dengan peresmian pabriknya di Tangerang pada bulan agustus tahun lalu. Dengan jumlah line produksi mencapai 5 buah, Oppo mengklaim bisa menghasilkan hingga 40.000 unit ponsel pertahun.

  1. Haier (Smartfren)
Pabrik Haier Smartfren

Pabrik Haier Smartfren

Amda mungkin banyak yang tidak mendengar atau belum mengenal pabrikan yang satu ini. Namanya memang jarang terdengar di pasar pasar ponsel dari pada merk lain, tapi sebenarnya haier adalah salah satu pemain besar dibalik ponsel merk Smartfren. Yup, sebagian besar ponsel 4G smartfren adalah buatan Haier. Melalui pabrik di Cikarang yang beroperasi sejak bulan mei tahun lalu, mereka mengklaim telah mampu memproduksi 125 ribu unit ponsel 4G tiap bulan dengan mempekerjakan sekitar seribu karyawan dalam negeri.

     5. Asus

Asus Indonesia

Asus Indonesia

Asus, pabrikan asal taiwan yang sempat membuat sukses besar melalui seri zenfone 2 nya ternyata diam diam telah memenuhi aturan TKDN, mereka rupanya telah bekerjasama dengan perusahaan elektronik lokal yaitu PT Sat Nusapersada yang berlokasi di Batam. Dengan terbentuknya kerjasama tersebut, dapat dikatakan hampir semua zenfone 2 bergaransi resmi yang dirilis dipasaran merupakan made in batam. Seri terbarunya yaitu Zenfone 3 juga dapat melenggang bebas dipasaran karena sudah dirakit di Batam.

     6. Samsung

Pabrik Samsung di Cikarang

Pabrik Samsung di Cikarang

Siapa yang tidak kenal dengan merk yang satu ini. Pemain lama di Dunia Smartphone sejak jaman Nokia ini ternyata juga memiliki pabrik di Indonesia. Dengan Nilai investasi mencapai 23 Juta dollar USD, Samsung mendirikan pabrik ponselnya sendiri yang berlokasi di Cikaran, Jawa Barat. Beragam seri ponsel Samsung sudah mulai made in Cikarang diantaranya:

  • Samsung Galaxy Note 4
  • Samsung Grand Prime
  • Samsung Galaxy Tab S 8.4″
  • Samsung Galaxy Core 2
  • Samsung Galaxy V
  • Samsung Galaxy A5
  • Samsung Galaxy Tab S 10.5″
  • Samsung Galaxy J1
  • Samsung Galaxy S6 Edge

Sampai ponsel terbarunya yaitu Galaxy S7 dan S7 edge juga buatan Indonesia.

Nah itu tadi adalah beberapa vendor ponsel internasional yang sudah membangun pabrik di Indonesia, bagaimana pendapat para pembaca sekalian? Apakah ponsel yang anda gunakan sudah made in Indonesia? Kalau sudah , anda patut berbangga karena sudah turut memajukan perekonomian bangsa kita, kalau belum, semoga pabrikan ponsel yang lain segera menyusul langkah yang baik ini J.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *