Tips Trik Memilih Smartphone Android Bekas

Memilih smartphone android bekas bukanlah perkara yang susah, tapi juga dibutuhkan ketelitian untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Saya yakin agan sekalian gak mau beli kucing dalam karung hehe. Apalagi jaman sekarang banyak orang yang nggak jujur dan mencoba menutupi kekurangan dari smartphone yang dijualnya. Nah sedikit ane kasih tips dari pengalaman saya ketika melakukan transaksi smartphone bekas.

Jika agan beli secara langsung / COD

Pertama

Cari patokan harga di fjb lokal sekitar agan, jangan berpatok pada harga suatu website apalagi website tersebut gak update. Selain itu ditiap daerah harga antar jenis smartphone juga berbeda. Misalkan di daerah A smartphone merk Sams*ng laku tinggi, belum tentu di daerah C dan D.

Kedua

Cek seluruh hardware mulai sensor, perangkat input (layar, mic dan tombol fisik), perangkat output dan baterai. Saya sarankan agan untuk mengingat prosentase pengurangan baterai saat agan sebelum dan sesudah mengecek.

Untuk tools hardware check beberapa smartphone bisa agan lihat di :

Cara test hardware samsung
cara test hardware xiaomi

Ketiga

Selalu bawa powerbank, sim card, micro sd dan headset. Hal ini agan butuhkan untuk mengecek kinerja port smartphone. Jangan lupa untuk melakukan test telepon, internet ( cek semua kondisi sinyal edge, hsdpa dan lte) dan cocokkan IMEI yang ada pada dosbook (jika ada).

Keempat

Mintalah garansi personal setidaknya 3 hari. Hal ini dapat menjadi jaminan ketika ada kerusakan yang tidak kita sadari saat melakukan proses pengecekan. Jangan lupa untuk memfoto nomor kendaraan penjual smartphone untuk jaga-jaga :D.

Jika anda melakukan pembelian Online

Pertama

Cari patokan harga di fjb seperti kaskus, karena pada umumnya harga bekas di fjb online lebih murah.

Kedua

Jangan pernah langsung mentransfer ke rekening penjual. Gunakan rekber seperti tokopedia/bukalapak jika penjual bukan orang yang memiliki reputasi khusus.

Ketiga

Jangan lupa hitung ongkos kirim sebelum membeli. Bisa jadi agan dapat hp murah tetapi ongkos kirimnya melebihi ekspektasi.

Nah, setelah agan menerapkan beberapa langkah diatas jangan lupa untuk berdoa agar agan tidak kena apes hehe. Sekian dari ane, semoga ada manfaatnya.

One Response to Tips Trik Memilih Smartphone Android Bekas

  1. […] Salah satu metode yang akan saya jelaskan adalah membeli smartphone bekas. Mungkin sebagian orang akan berpikir jika hp bekas itu sudah pasti ada rusaknya atau gak ada jaminan barang bagus. Nah karena itu saya membuat artikel tersendiri disini : Tips memilih smartphone android bekas. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *